Jangan Diabaikan, Berikut Ini Tips Berkendara di Musim Kemarau

Jangan Diabaikan, Berikut Ini Tips Berkendara di Musim Kemarau

Berkendara aman saat musim kemarau-DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tidak hanya kondisi medan jalan yang mesti diwaspadai saat hendak berkendara.

Cuaca juga kerap kali menjadi rintangan tersendiri saat mengendarai sepeda motor.

Baik cuaca hujan maupun kemarau, keduanya memiliki rintangan tersediri yang harus diwaspadai oleh pengendara.

Pengendara harus selalu berhati-hati agar tetap aman saat berkendara.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menuturkan, jika musim hujan pengendara sering mendapati rintangan berkendara seperti jalan licin hingga banjir.

Di musim kemarau pengendara memiliki tantangan yang berbeda. Seperti yang diketahui saat ini di beberapa wilayah di Indonesia sedang kemarau, salah satunya di Cirebon.

Selain berpotensi mengalami dehidrasi dalam cuaca panas, pengendara juga harus waspada akan kondisi jalan selama masa kemarau.

"Dalam kondisi kemarau seperti saat ini, kondisi jalanan yang kering dan berdebu dapat mengakibatkan pandangan saat berkendara jadi terganggu, jika tidak berhati-hati maka akan menimbulkan potensi bahaya seperti terjatuh atau kecelakaan," jelasnya.

BACA JUGA:Daftar Penerbangan Bandara Husein Sastranegara yang Pindah ke Bandara Kertajati Majalengka, Paling Banyak Bali

Untuk itu disarankan untuk para pengendara agar selalu gunakan perangkat keselamatan berkendara yang lengkap saat berkendara di jalan raya.

Usahakan menggunakan helm jenis full face agar perlindungan maksimal. Untuk pengendara yang menggunakan helm open face wajib adanya kaca helm dan masker untuk melindungi pernafasan.

Jika kondisi jalanan dengan debu yang lebih pekat, maka perlambatlah kecepatannya supaya potensi bahaya di jalan bisa terlihat.

Kemudian, selalu sediakan obat tetes mata sebagai pembersih mata. Jaga jarak dengan kendaraan yang lebih besar dan usahakan jauh.

Tidak disarankan menyalip bila kondisi debu tebal, namun jika memungkinkan untuk menyalip pastikan kondisi aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: