Sekarang Bisa Tidur Pulas, Titik Nol Jalan Tol Trans Jawa Ternyata Ada di Tempat Ini

Sekarang Bisa Tidur Pulas, Titik Nol Jalan Tol Trans Jawa Ternyata Ada di Tempat Ini

Titik nol kilometer Jalan Tol Trans Jawa di Cawang, Jakarta Timur.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pengguna jalan tol seringkali tidak menyadari keberadaan titik nol Jalan tol Trans Jawa, padahal sering wara-wiri di tempat ini.

Kondisi ini dikarenakan pengendara fokus berkendara dan tidak memperhatikan mengenai indikator lokasi perjalanan tersebut.

Saat berkendara di jalan tol biasanya ada papan yang menunjukkan informasi lokasi. Biasanya bertuliskan Km 190, Km 172 dan lain-lain.

Wilayah Cirebon sendiri berada di Km 190-an tepatnya di sekitar Palimanan, Kabupaten Cirebon. Kemudian Indramayu ada di Km 170-an.

BACA JUGA:Derita Warga Cirebon sebelum Ada Bandara Kertajati, Tua di Jalan, Berat Diongkos

Lalu di mana titik nol kilometer Tol Trans Jawa? Rupanya lokasinya berada di Cawang, Jakarta Timur. Pengendara yang melintas di tol menuju Jakarta, akan menemukan papan dengan tulisan Km 00.

Pada publikasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dijelaskan bahwa lokasi dari titil nol kilometer Tol Trans Jawa berada di Jalan Tol Cawang - Tomang.

Tapi jangan kaget, karena setelah nol ini, papan angka kilometer akan menunjukkan kembali angka satu. 

Saat melakukan perjalanan dari arah timur, angka pada papan informasi lokasi akan semakin kecil.

BACA JUGA:Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Pindah ke Kertajati Bukan Proyek Roro Jonggrang, Yakin Berhasil

Dan mendekati Tol Cawang, Jakarta Timur, akan menjadi Km 2, Km 1, Km 0 - 900, Km 0 - 800 hingga nol.

Setelah melintasi papan informasi lokasi Km 00, kemudian kembali membesar yakni Km 00 - 100, Km 00 - 200 dan seterusnya.

Ya, ini dikarenakan titik nol kilometer tersebut semakin besar ke arah timur dan sebaliknya juga ke arah Barat ( Merak).

Seperti diketahui, Jalan Tol Trans Jawa memiliki panjang 1.167 kilometer membentang dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten sampai ke Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: