WADUH! Tarif Angkutan Bandung - Soetta Lebih Murah dari Bandung - Bandara Kertajati

WADUH! Tarif Angkutan Bandung - Soetta Lebih Murah dari Bandung - Bandara Kertajati

Tarif angkutan umum Bandung ke Bandara Kertajati. -Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Tarif penyedia jasa transportasi angkutan umum BANDUNG - Bandara Soekarno Hatta dan BANDUNG - Bandara Kertajati ternyata terpaut jauh.

Tanpa adanya penyesuaian tarif, dikhawatirkan warga Bandung akan memilih terbang via Bandara Internasional Sorkarno Hatta ketimbang dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Saat ini, beberapa penyedia jasa transportasi angkutan umum dari Bandung ke Bandara Soekarno Hatta mematok tarif lebih murah yakni hanya Rp 115.000.

Sedangkan tarif perjalanan Bandung - Bandara Kertajati mencapai Rp 150.000 via Tol Cisumdawu yang secara jarak lebih pendek dan waktu tempuh lebih singkat.

BACA JUGA:Puncak Peringatan HKG PKK ke-51 Jawa Barat, Luncurkan Aplikasi Hasil Inisiasi Atalia Soal Data Keluarga

"I see a problem here," tulis pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengomentari perbandingan tarif angkutan umum tersebut, dikutip radarcirebon.com, Selasa, 1, Agustus 2023.

Bus Prima Jasa misalnya, mematok tarif hanya Rp 115.000 untuk perjalanan dari Bandung ke Cengkareng yang secara jarak jauh lebih jauh.

Sementara penyedia jasa lain terutama bus, mematok tarif Rp 170.000 untuk perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta.

Tarif ini, tidak berselisih jauh dari Bandara Kertajati yang rata-rata dipatok Rp 150.000. Termasuk perjalanan dengan Bus Damri. "Masih problematic pricing segini. Pada serius nggak sih mengenai KJT," katanya.

BACA JUGA:Kisah Prabu Siliwangi Masuk Islam Demi Menikahi Santriwati yang Membuatnya Terpesona

Menurutnya, zudah pasti total cost terbang door to door dari KJT akan lebih tinggi dari BDO. Sebaiknya peningkatan biaya tersebut harus ditekan sebisa mungkin, paling tidak di awal-awal.

"Kalau tidak ya perpindahan ke KJT beresiko gagal (lagi)," tandas Gerry Soejatman menyoal masalah transportasi ini.

Penyesuaian Tarif

Sementara itu, Bhinneka Shuttle (Bhisa) rute Bandung - Kertajati via Tol Cisumdawu akan ada penyesuaian tarif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: