Jika Ingin Hidup Lebih Sehat, Gunakan Ponsel Seperlunya

Jika Ingin Hidup Lebih Sehat, Gunakan Ponsel Seperlunya

Gelombang elektromagnetik dari ponsel bisa merusak saraf otak.-Andrés Rodríguez-Pixabay

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Perlu diwaspadai, gelombang elektromagnetik yang dimiliki oleh alat elektronik bisa berbahaya bagi kesehatan.

Organ tubuh manusia yang rentan terhadap gelombang elektromagnetik adalah saraf otak.

Saraf otak manusia bisa rusak hanya karena radiasi elektromagnetik alat elektronik.

Melansir dari fajar.co.id, Jumat 4 Agustus 2023, Dosen Spesialis Saraf Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI), dr Ahmad Harun Muchsin SpN Dipl of Pain mengungkap gelombang elektromagnetik bisa berdampak pada saraf.

BACA JUGA:NGERI! Ada 1.212 Jenis Narkoba Baru di Dunia, 92 Terdeteksi di Indonesia

BACA JUGA:Perjalanan Panjang Para Penista Agama, Tak Ada yang Lolos Jeratan Hukum, Kode Keras untuk Panji Gumilang

Dikatakan, semua alat nirkabel (tanpa kabel) memiliki radiasi elektromagnetik. Misalnya ponsel, headset bluetooth, laptop, microwave, dan sebagainya.

Beberapa penelitian menunjukkan, jika radiasi elektromagnetik radio handphone berisiko menyebabkan kelainan jaringan dan metabolisme sel saraf di otak.

Radiasi elektromagnetik yang kuat akan menembus ruang hampa dan jaringan otak. Hal ini akan menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

Beberapa dampak akan menyebabkan pola pikir terganggu dan sebabkan kecanduan. Akhirnya kecanduan akan membuat penggunanya mengalami depresi, sering lupa, dan linglung.

BACA JUGA:Jangan Tergiur Dengan Transfer Dana dari Rekening Tak Dikenal, Segera Lapor OJK!

BACA JUGA:Pilot Ini Yakin Pemindahan Penerbangan dari Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati Berhasil, Ini Alasannya

Bahaya radiasi eletromagnetik handphone juga bisa menyebabkan gangguan tidur hingga sakit kepala. Saraf di sekitar kepala dan wajah bisa menjadi lebih tegang. Ketegangan ini akan menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Hal ini bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan kekurangan energi. Pengguna handphone akan lebih sering merasa gelisah dan sulit tidur.

Beberapa di antaranya akan mengalami sulit tidur karena sakit kepala. Sakit kepala yang menyerang juga bukan sakit kepala biasa, tetapi vertigo. Kondisi ketika keadaan di sekitarnya berputar-putar.

Untuk bisa mengantisipasinya, mulai hindari penggunaan handphone terlalu sering dekat kepala apalagi sambil berbaring. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase