Ini Dia 3 Bakal Calon Bupati Cirebon dari Tim Penjaringan PKS

Ini Dia 3 Bakal Calon Bupati Cirebon dari Tim Penjaringan PKS

Junaedi ST, Anwar Yasin dan Apt Faisal Agus Mulyana menjadi usulan untuk bacabup PKS di Pilbup 2024 mendatang.-Samsul Huda-radarcirebon.com

SUMBER, RADARCIREBON.COM - DPD PKS Kabupaten Cirebon membentuk tim penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Cirebon. Persiapan itu rupanya menjadi langkah cepat PKS menyiapkan calon potensial menyambut pesta demokrasi pergantian kepala daerah.

Humas DPD PKS Kabupaten Cirebon, Subhan Triyatna mengatakan, selain Pileg, tahun 2024 Kabupaten Cirebon juga akan menggelar pilkada. Untuk mempersiapkan hal itu dan membudayakan demokrasi di Internal Partai, PKS membentuk tim penjaringan bacabup.

Tim ini, bertugas untuk menjaring nama-nama bacabup kabupaten Cirebon yang akan diusung PKS.

"Hasil penjaringan ini akan diusulkan kepada DPW PKS Jawa Barat untuk dilakukan penyaringan yang nantinya akan ditetapkan oleh DPP PKS," kata Subhan, Rabu (9/8).

Menurutnya, penjaringan nama-nama bacabup dilakukan terhadap pengurus dan anggota PKS Kabupaten Cirebon. Pengurus mengumpulkan usulannya melalui DPC, sedangkan anggota melalui UPA (Unit Pembinaan Anggota).

BACA JUGA:Pengamat Sebut Bandara Kertajati Dibangun di Luar Kehidupan: Lihat Lokasinya Saja Sudah Tidak Jelas

BACA JUGA:Maskapai Milenial Super Air Jet Batal Terbang dari Bandara Kertajati di Bulan Juni, Oh Ternyata karena Ini

"DPC dan UPA kemudian mengusulkan 5 nama untuk menjadi bacabup dari PKS. Tokoh yang diusulkan boleh dari eksternal partai. Periode penjaringan sendiri dilakukan Desember 2022 sampai Januari 2023," terangnya.

Dari usulan tersebut, lanjut Subhan, terjaringlah 27 nama tokoh baik dari internal PKS maupun eksternal. Dari 27 nama yang terjaring, terdapat 3 besar tokoh yang paling sering disebut anggota dan pengurus.

Diantaranya, H Junaedi ST sebanyak 20,69 persen, yang merupakan Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon dan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon 4 periode.

"Alasan memilih Mas Jun --sapaan akrab junaedi, dari pengurus dan anggota PKS antara lain karena dianggap memiliki kapasitas memimpin Kabupaten Cirebon.  Sederhana dan memahami seluk beluk Pemerintahan kabupaten Cirebon," ungkapnya.  

BACA JUGA:Harga Tiket Telaga Sunyi, Rute Cirebon Bisa Lewat ke Jalur Ini

BACA JUGA:Peringatan HUT Ke-76 Koperasi Berlangsung Meriah

Kemudian, Drs H Anwar Yasin sebanyak 12,64 persen. Tokoh ini, merupakan kader senior PKS Kabupaten Cirebon yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Barat. "Anwar Yasin dianggap berpengalaman menjadi politisi dan pernah dicalonkan menjadi Kepala Daerah," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: