Hari Terakhir Tol Cisumdawu Gratis, Besok Sudah Dikenakan Tarif Rp 1.257 per Kilometer

Hari Terakhir Tol Cisumdawu Gratis, Besok Sudah Dikenakan Tarif Rp 1.257 per Kilometer

Tol Cisumdawu dikenakan tarif penuh mulai Senin, 14, Agustus 2023.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Minggu, 13, Agustus 2023 menjadi hari terakhir Tol Cisumdawu gratis untuk ruas Cimalaka - Ujung Jaya.

Sebab, mulai Senin, 14, Agustus 2023, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan bakal dikenakan tarif secara penuh.

Adapun Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sudah memberikan bocoran bahwa tarif yang dikenakan di Jalan Tol Cisumdawu adalah Rp 1.257 per kilometer.

Dengan panjang jalan yang mencapai 61,6 kilometer, diperkirakan tarif yang dikenakan adalah Rp 77.431 untuk perjalanan dari Cileunyi sampai keluar di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

BACA JUGA:Penumpang dari Brebes dan Tegal Sabar Ya, Belum Terakomodir Transportasi ke Bandara Kertajati, Baru Jabar

Kendati demikian besaran tarif yang dikenakan tersebut tentu menunggu kepastian yang diumumkan dan tertuang dalam SK Menteri PUPR.

Saat peresmian Jalan Tol Cisumdawu pada 11, Juli 2023, Menteri Basuki menyatakan bahwa tarif yang dikenakan terbilang murah, karena ada investasi pemerintah.

Berbeda bila jalan tol tersebut dibangun sepenuhnya oleh swasta atau badan usaha jalan tol (BUJT), yang tarifnya akan jauh lebih mahal.

Pembangunan jalan tol Cisumdawu ini terbagi menjadi porsi APBN sepanjang 28,4 km (Seksi 1 dan Seksi 2), dan porsi investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sepanjang 33,2 km (Seksi 3-6).

BACA JUGA:Tawuran Konten Gagal, Tim Raimas Macan Kumbang Amankan 14 Pemuda di Arjawinangun Cirebon

Dari total nilai konstruksi sebesar Rp18,33 T, sebesar Rp9,26 T merupakan porsi investasi. Sedangkan Rp9,07 T berasal dari APBN sebagai bentuk dukungan Pemerintah.

"Dengan adanya porsi APBN mendekati 50 persen,  hal ini dapat menekan tarif Tol Cisumdawu,” jelas Menteri Basuki.

Pengumuman Tol Cisumdawu yang akan bertarif sudah disosialisasikan di papan informasi ruas tersebut.

"Jalan Tol Cisumdawu Senin, 14, Agustus 2023 pukul 00.00 WIB ruas Cimalaka - Paseh - Cisumdawu utama bertarif," demikian isi dari pengumuman pada layar LED di dekat GTO Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: