Mirip Tali Melingkari Gunung Tampomas, Indahnya Tol Cisumdawu dari Jendela Pesawat

Mirip Tali Melingkari Gunung Tampomas, Indahnya Tol Cisumdawu dari Jendela Pesawat

Pemandangan Tol Cisumdawu dari jendela pesawat, terlihat seperti tali melingkari Gunung Tampomas.-Radar Cirebon-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Mirip dengan tali yang melingkari Gunung Tampomas, seperti itulah gambaran pemandangan Tol Cisumdawu dari jendela pesawat.

Pemandangan indah dari Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ini, terlihat jelas saat wartawan radarcirebon.com melakukan penerbangan dari Denpasar, Bali ke Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung.

Bentang alam itu, bila difoto dengan kamera handphone, hasilnya lebih mirip lukisan atau gambar pemandangan.

Seperti pengamalan ketika terbang pada Sabtu 12 Agustus 2023. Bisa mengambil gambar dari udara, walau hanya dengan kamera handphone (HP).

BACA JUGA:Ditahan Barito Putera, Bobotoh Plesetkan Persib Jadi Persatuan Sepak Bola Imbang Bersama

Ternyata, pesawat menuju Bandara Udara (Bandara) Husein Sastranegara Bandung itu, melintasi udara di atas Tol Cisumdawu. Jika cuaca terang, jalan bebas hambatan itu bisa dilihat dengan jelas. 

Begitu juga pemandanhan kanan-kiri tol, bisa dilihat dengan jelas. Yang paling terlihat adalah Gunung Tampomas di Kabupaten Sumedang. Gunung itu tampak di sisi kanan Jalan Tol Cisumdawu.

Bukan hanya Tol Cisumdawu dan Gunung Tampomas, Twin Tunnel yang terkenal itu, juga  tampak. Walau tidak begitu jelas, tapi terlihat ada jalan tol yang tertutup mirip gundukan tanah.

Yang juga terlihat dengan jelas adalah gerbang-gerbang exit Tol Cisumdawu. Dari Ujungjaya, Paseh, Cimalaka, Sumedang Kota, Pamulihan hingga Jatinangor.

BACA JUGA:Sepeda Motor Listrik Honda Resmi Diluncurkan di Indonesia, Berikut Ini Spesifikasinya

Nah, pemandangan itu dilihat dari pesawat komersial Denpasar Bali menuju Bandung Jawa Barat. Ketika mendekati Bandung peswat itu sudah terbang rendah, pemandangan Tol Cisumdawu terlihat jelas. Seperti goresan berkelok di sisi kanan kiri dataran tinggi yang tampak menghijau.

Bahkan juga dengan jelas bisa dilihat pemukiman-pemukiman penduduk yang tak jauh dari jalan tol tersebut.

Pagi itu, kebetulan naik pesawat Super Air Jet jurusan Denpasar Bali menuju Bandung Jawa Barat. Pesawat itu berangkat pada pukul 07.00 WIT dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Penerbangan Denpasar menuju Bandung ini, ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Ternyata rutenya menyusuri pantai utara. Baru setelah sampai sekitar di atas Cirebon pesawat tersebut belok ke kiri menuju Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: