Keindahan Tol Cisumdawu dari Jendela Pesawat, Mengelilingi Gunung Tampomas

Keindahan Tol Cisumdawu dari Jendela Pesawat, Mengelilingi Gunung Tampomas

Pemandangan Tol Cisumdawu dari jendela pesawat. -Dokumen Radar Cirebon-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Tol Cisumdawu menjadi pemandangan yang tersaji dalam penerbangan menuju ke Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Di wilayah Kabupaten Sumedang ini, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan terlihat berada di kaki Gunung Tampomas. Tentu saja ini menjadi pemandangan yang menarik.

Sebelumnya ada beberapa pemandangan lain yang tersaji, ketika pesawat mulai terbang rendah. Yakni pemandangan Tol Cipali, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Tol Cisumdawu hingga Kota Bandung.

Pemandangan tersebut terlihat dalam perjalanan dengan pesawat terbang dari Bali ke Bandung. Pesawat menyusuri pantai utara lalu masuk ke Cirebon, Sumedang dan mengarah ke Bandung.

BACA JUGA:Bojan Hodak Membela Diri Setelah Persib Gagal di Kandang, Bobotoh Makin Murka

Selain Tol Cisumdawu, ikon twin tunnel atau terowongan kembar juga terlihat dengan jelas. Cirinya adalah jalan tol yang seperti terputus dengan perbukitan.

Yang juga terlihat dengan jelas adalah gerbang-gerbang exit Tol Cisumdawu. Dari Ujungjaya, Paseh, Cimalaka, Sumedang Kota, Pamulihan hingga Jatinangor.

Nah, pemandangan itu dilihat dari pesawat komersial Denpasar Bali menuju Bandung Jawa Barat. Ketika mendekati Bandung peswat itu sudah terbang rendah, pemandangan Tol Cisumdawu terlihat jelas. Seperti goresan berkelok di sisi kanan kiri dataran tinggi yang tampak menghijau.

Bahkan juga dengan jelas bisa dilihat pemukiman-pemukiman penduduk yang tak jauh dari jalan tol tersebut.

BACA JUGA:Misteri Gunung Sunda, Gunung Raksasa Cikal Bakal dari Sejumlah Gunung Berapi di Jawa Barat

Pagi itu, kebetulan naik pesawat Super Air Jet jurusan Denpasar Bali menuju Bandung Jawa Barat. Pesawat itu berangkat pada pukul 07.00 WIT dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Penerbangan Denpasar menuju Bandung ini, ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Ternyata rutenya menyusuri pantai utara. Baru setelah sampai sekitar di atas Cirebon pesawat tersebut belok ke kiri menuju Bandung.

Setelah sampai udara Cirebon, Super Air Jet itu sudah terbang rendah. Tampak Laut Jawa dan bibir pantai sekitar Cirebon.

Setelah itu pesawat ke kiri. Menyusuri jalan Tol Cipali. Tampak dengan jelas runway Bandara Kertajati Majalengka yang tak jauh dari Tol Cipali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: