Tak Biasanya Penjualan Bendera Merah Putih Berkurang Agustus 2023, Pedagang di Bypass Ucapkan Hal Ini

Tak Biasanya Penjualan Bendera Merah Putih Berkurang Agustus 2023, Pedagang di Bypass Ucapkan Hal Ini

Penjual bendera yang berada di jalan brigjen dharsono menjajakan bendera merah putih sejak memasuki bulan Agustus.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Suasana hari kemerdekaan biasanya sudah terasa sejak 1 Agustus, dimana di berbagai penjuru daerah sudah banyak masyarakat yang memasang bendera merah putih.

Nuansa merah putih tentu sudah ditemukan di berbagai komplek perumahaan, pedesaan, hingga intansi, pusat perbelanjaan, dan pertokoan.

Tak heran penjual bendera kerap menjadi incaran saat mendekati hari Kemerdekaan. Namun, sayangnya tahun ini dirasakan Budi, salah satu pedagang bendera, penjualannya menurun. 

Budi menuturkan meski pekerjaan utamanya sebagai kuli bangunan, sejak 2004 ia telah menjual bendera setiap mendekati momen hari kemerdekaan.

Ia kerap mulai berjualan setiap tanggal 1 hingga pertengahan bulan Agustus. Keuntungan yang menggiurkan tentu membuat Budi secara rutin berjualan bendera.

"Awalnya saya jual di Rajawali, lalu empat tahun ke belakang di Brigjen Dharsono, saya ambil dari supplier di daerah Megu," ungkapnya.

Beragamm jenis bendera pun ia jual, mulai dari bendera ukuran 90 cm hingga 180 cm, bendera umbul-umbul, hingga background merah putih.

BACA JUGA:PANGLING! Kondisi Pantai Kesenden Cirebon Setelah Mega Clean Up Bareng Pandawara Group, Mau Jadi Tempat Wisata

Setiap harinya Budi berjualan dari ja 07.00 WIB hingga 15.00 WIB. Rata-rata pembeli yang membeli bendera berkisar 10-15 orang per hari di awal bulan.

"Ramainya biasanya sampai tanggal 5, setelah itu mulai menurun," jelasnya.

Biasanya dengan berjualan setengah bulan, BUdi bisa mendapatkan pendapatan bersih sekitar Rp2juta.

Namun, menurutnya tahun ini pembelian tak seramai biasanya. Jumalh pembeli yang datang tak sebanyak tahun sebelumnya.

Hal ini menurutnya dikarenakan lebih banyak penjual bendera yang saat ini menjajalkan langsung ke peremuahan.

Selain itu banyaknya penjualan bendera melalui markateplace juga menjadi salah satu faktor pembeli yang menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: