Akan Dibangun Fly Over Lagi, dari Tol Cisumdawu ke Bandara Kertajati Nanti Tak Lewat Tol Cipali, Hemat 15 Km

Akan Dibangun Fly Over Lagi, dari Tol Cisumdawu ke Bandara Kertajati Nanti Tak Lewat Tol Cipali, Hemat 15 Km

Pemerintah berencana membangun fly over baru dari Tol Cisumdawu ke Bandara Kertajati Majalengka. Foto memperlihatkan akses dari Tol Cisumdawu saat ini yang menyambung ke Tol Cipali.-Rochamedia/Ist - Diolah-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Pemerintah merencanakan pembangunan 1 fly over lagi menuju Bandara Kertajati dari Tol Cisumdawu untuk mengurangi waktu tempuh.

Dengan akses yang ada saat ini, meski sudah menghemat waktu tempuh dari Bandung, tetapi masih harus memutar via Tol Cikopo Palimanan (Cipali) Km 152 yang berjarak sekitar 6 kilometer ke Gerbang Tol Kertajati Utama.

Diharapkan dengan adanya akses fly over tersebut perjalanan dari Bandung ke Bandara Kertajati akan lebih cepat lagi.

Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka, membenarkan adanya rencana membangun fly over tersebut.

BACA JUGA:Rp9 Triliun Gugatan Perdata Panji Gumilang ke Ridwan Kamil, Begini Alasan Syekh Al Zaytun

Sebab dengan adanya akses langsung dari Tol Cisumdawu ke Bandara Kertajati, akan menghemat waktu tempuh dan jarak sekitar 15 kilometer.

“Mungkin akan ada fly over ke Bandara Kertajati. Saya asumsikan anggarannya Rp 2 triliun. Fly over nanti langsung, nggak usah muter lagi. Kan lumayan menghemat 15 kilometer,” kata Jusuf Hamka, belum lama ini.

Ditambahkan dia, pembangnan Tol Cisumdawu diharapkan dapat membawa dampak ikutan yang baik. Misalnya semakin ramainya Bandara Kertajati, maupun untuk masyarakat sekitarnya.

“Kita harapkan miltiplier-nya bagus. Harga tanah naik, properti naik. Kita bangun jalan itu kan supaya bermanfaat untuk masyarakat, bukan hanya cari cuan,” tandasnya.

BACA JUGA:Sejarah Akhir Kejayaan Bandara Internasional Kemayoran, Dibangun Belanda Berakhir di Tangan Indonesia

Hal senada dikatakan Kepala Badan Pengelola (BP) Rebana, Bernardus Djonoputro. Menurutnya, setelah Tol Cisumdawu beroperasi, berarti sudah tidak ada lagi isu konektivitas ke Bandara Kertajati.

Apalagi, nantinya akan dibangun beberapa fly over yang memungkinkan akses lebih cepat ke bandar udara internasional di Kabupaten Majalengka itu.

“Tetapi sekarang ini, penumpang dari arah Bandung dan Sumedang sudah bisa mencapai Bandara Kertajati dalam waktu 1 jam. Sebab, jarak antara Bandung - Kertajati hanya 60 kilometer saja,” tandasnya.

Di sisi lain, Sekretaris Tim Pelaksana KPPIP, Suroto meluruskan persepsi mengenai Bandara Kertajati yang disebut proyek gagal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: