Upacara HUT RI Ke-78, Dandim 0614 Kota Cirebon Jadi Pembaca Teks Pancasila

Upacara HUT RI Ke-78, Dandim 0614 Kota Cirebon Jadi Pembaca Teks Pancasila

Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah didaulat sebagai pembaca teks Pancasila dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78, di Lapangan Madya, Komplek Stadion Bima Jalan By Pass Brigjen Darsono Sunyaragi Kota Cirebon, Kamis 17 Agustus 202-Istimewa-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, dilaksanakan upacara bendera tingkat Kota Cirebon Tahun 2023.

Upacara tersebut diselenggarakan di Lapangan Madya, Komplek Stadion Bima Jalan By Pass Brigjen Darsono Sunyaragi Kota Cirebon.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wali Kota Cirebon Drs H Nasrudin Azis SH, pada peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI kali ini mengankat Tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju", Kamis 17 Agustus 2023.

Pada pelaksanaan upacara tersebut, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah didaulat sebagai pembaca teks Pancasila. Sementara, UUD 1945 dibacakan oleh Kapolres Cirebon Kota AKBP Rano Hadiyanto SIK MM.

BACA JUGA:2026, Bandara Kertajati Bakal Terbang Tinggi, Ini Progresnya

Kemudian, pembaca naskah Proklamasi Ketua DPRD kota Cirebon Ruri Tri Lesmana, serta selaku Komandan Upacara dijabat oleh Pasiops Dim 0614/Kota Cirebon Kapten Arh Aep Saepudin R dan Perwira Upacara yaitu Kapten Inf Sugeng R Danramil 1401/Kesambi.

Selaku Inspektur Upacara Wali Kota Cirebon Drs H Nasrudin Azis SH menyampaikan, melalui proklamasi yang sederhana dan singkat, dari Jalan Pegangsaan, para pendiri bangsa mengobarkan suatu revolusi kemerdekaan yang menginspirasi bangsa-bangsa lain, melahirkan Republik besar di Asia, dan membuka sejarah Indonesia modern.

“Setiap perjalanan sejarah harus memberikan pembelajaran dan sekaligus juga membawa perbaikan dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia.”

“Sebagai anak bangsa kita harus menjadikan peringatan HUT Kemerdekaan ini sebagai momentum untuk selalu mendukung transformasi Indonesia menuju bangsa yang semakin bersatu, semakin damai, semakin makmur, dan semakin demokratis,” ucapnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Kemerdekaan, Bupati Cirebon Ingatkan Amanat Para Pahlawan

Dengan Tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", pada peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia tahun ini,  berkaca pada segala pencapaian yang telah diraih, tema ini harus menjadi langkah yang konkret dan progresif bahwa hal-hal baik harus terus dilanjutkan dengan semangat bersama, kerja harmonis, sinkronis, dan kolaboratif.

Pemerintah Kota Cirebon meyakini bahwa, untuk dapat “terus melaju”, harus dilakukan dengan memacu diri kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan.

“Kita harus berusaha bermigrasi ke cara-cara baru agar segala program, kegiatan, dan pembangunan di Kota Cirebon dapat terselenggara secara lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif,” ucapnya.

Wali Kota Cirebon pun mengajak seluruh elemen yang ada di Kota Cirebon untuk memperkuat karakter kompetitif  dan karakter inovatif agar kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu dapat senantiasa di lestarikan.

BACA JUGA:Hanya 30 Menit, Penerbangan Bandara Kertajati - Pangandaran Dibuka 29 Agustus 2023, Belum Ada Informasi Tiket

“Karakter kompetitif akan mendorong adanya upaya perbaikan secara terus menerus dan bertahap ketika menghadapi persaingan yang semakin berat,” harap Wali Kota.

Pada hakikatnya, inovasi hanya dapat diciptakan melalui serangkaian proses belajar secara kolektif. Mentalitas inovasi tidak lepas dari proses belajar, termasuk belajar dari kesalahan dan kegagalan di masa lalu.

“Besar harapan saya, bahwa Kota Cirebon dengan seluruh potensi yang dimilikinya akan menjadi instrumen bangsa yang senantiasa mengedepankan dua karakter tersebut dan berkontribusi aktif bagi berbagai upaya mengisi kemerdekaan dengan sederet prestasi dan kemajuan.”

“Kemajuan pada segala bidang hanya bisa diraih dengan sikap terbuka dan siap berubah menghadapi dunia yang penuh tantangan, saling bergandeng tangan dalam satu tujuan,” tutup Wali Kota Cirebon.

Upacara bendera peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 ditutup dengan kegiatan teatrikal kolosal persembahan dari anak-anak sekolah tingkat SD se-Wilayah Kota Cirebon yang berjumlah sekitar 5000 anak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase