Rute Bandara Kertajati 2023 yang Tersedia saat Ini, Ada 2 Penerbangan Internasional

Rute Bandara Kertajati 2023 yang Tersedia saat Ini, Ada 2 Penerbangan Internasional

Rute penerbangan di Bandara Kertajati sedang diajukan, Agustus 2023.-Baehaqi-radarcirebon.com

Sebelum rencana penerbangan domestik Bandara Kertajati ke Pangandaran, Maskapai Super Air Jet sempat akan mengajukan untuk rute internasional Kertajati - Kuala Lumpur pada Juni 2023.

Tetapi pengajuan rute tersebut dibatalkan dan kabarnya baru akan direalisasikan pada Oktober 2023 bersamaan dengan pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara.

Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda mengungkapkan, izin operasikan penerbangan tersebut kemungkinan disatukan.

"Kalau buka Bulan Juni, (izin) hanya sampai Oktober. Jadi baru oktober dibukanya," kata Nuril, kepada radarcirebon.com.

BACA JUGA:Pesan Ketua Bawaslu RI Usai Pelantikan di Jakarta: Tolong Segera Lakukan

Seperti diketahui, sebanyak 7 penerbangan yang menggunakan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara akan pindah ke Bandara Kertajati Majalengka.

Dari 7 penerbangan itu, ada rute favorit yang setiap harinya memiliki jadwal keberangkatan 4 hingga 5 kali yakni Denpasar, Bali.

Rute tersebut paling banyak dioperasikan oleh Maskapai Super Air Jet, kemudian Citilink dan AirAsia. Pemilihan waktu tersebut mengacu pada musim dalam dunia penerbangan yakni summer dan winter.

Awal dari musim dingin atau winter dimulai 29 Oktober dan berakhir pada Maret di tahun berikutnya. Adapun 7 rute favorit yang dimaksud adalah Denpasar, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, Makassar, dan Batam.

BACA JUGA:Cara Pemkab Cirebon Kendalikan Inflasi dan Dampak El Nino, Ada Gerakan Pangan Murah

Kendati demikian, tindak lanjut dari penataan rute ini, masih akan dibahas oleh para stakeholder terkait.

Karenanya, untuk sementara ini rute penerbangan di Bandara Kertajati sampai Agustus 2023 yang tersedia baru sebatas 2 penerbangan internasional yakni ke Kuala Lumpur Malaysia dan Jeddah Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: