Mengapa Gerbang Tol Ujungjaya Berubah Nama? Oh Kemugkinan Ini Alasannya

Mengapa Gerbang Tol Ujungjaya Berubah Nama? Oh Kemugkinan Ini Alasannya

Gerbang Tol Ujungjaya Utama yang berubah nama menjadi Cisumdawu Utama. -Tangkapan Layar Video-Youtube

RADARCIREBON.COM - Setelah keluar dari Jalan Tol Cipali dan menuju Gerbang Tol Ujungjaya Utama, ada pemandangan yang berbeda. Ternyata gerbang Tol itu sudah berubah nama.

Salah satu Gardu Tol Otomatis (GTO) tol Cisumdawu, yang mulanya ada tulisan Ujungjaya, tiba-tiba tidak tampak lagi. 

Tulisan “Ujungjaya” yang sangat besar itu sudah ditutup dengan kain. Di kain yang mirip spanduk itu tertulis “Cisumdawu Utama”.

Ternyata gerbang utama Jalan Tol Cisundawu itu sudah berubah nama. Yang dulu namanya  gerbang tol Ujungjaya Utama, sekarang diganti dengan nama Cisumdawu Utama.

BACA JUGA:WOW BANGET! Bakal Ada 2 Masjid Babah Alun di Tol Cisumdawu, Pertama di Kabupaten Sumedang

Entah mengapa perubahan nama yang hanya ditutup dengan kain mirip spanduk itu, terkesan tergesa-gesa. Seolah tidak direncanakan sama sekali.

Bahkan sangat meanggannggu pemandangan. Apalagi pemandangan pertama menuju jalan tol yang dinarasikan sebagai yang terindah di Indonesia ini.

Walau sudah berubah nama, para pengendara jalan bebas hambatan yang menuju Bandung itu, masih menyebut dengan nama gerbang tol  Ujungjaya. Sulit melupakan Ujungjaya. Karena nama itu sudah dikenal sejak lama.

Bahkan ada yang mengatakan, jika seolah tol yang dibangun selama  11 tahun ini, enggan menggunakan nama Ujungjaya. Tentu orang pun bertanya, ada apa dengan nama itu?

BACA JUGA:PLN Gencarkan Edukasi Kelistrikan Aman Bermain Layang-layang

Bahkan, aksi ganti nama yang tidak terencana itu, juga dikaitkan keengganan Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cisumdawu di Ujungjaya. Presiden Jokowi lebih memilih depan gerbang Twin Tunnel untuk meresmikan tol tersebebut.

Benarkah Gerbang Tol Ujungjaya berubah nama terkait mitos?

Memang di Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, memiliki mitos yang diyakini masih berpengaruh terhadap seseorang.

Nama Ujungjaya terdiri dari dua suku kata yang memiliki arti. 'Ujung' yang berarti akhir dan 'Jaya' mengandung arti kejayaan. Jadi nama Ujungjaya bisa diartikan ujung kejayaan atau selesainya masa kejayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: