KKNT Desa Kalideres Cirebon, Gelar Donor Darah dan Program Penyuluhan

KKNT Desa Kalideres Cirebon, Gelar Donor Darah dan Program Penyuluhan

Warga desa Kalideres yang sedang ikut donor darah-KKNT KALIDERES-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mendorong mahasiswa untuk ikut peka pada isu sosial yang terjadi di masyarakat, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jabar menggelar program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Program KKNT ini digelar di berbagai daerah, salah satunya di Desa Kalideres, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon.

Berbagai program pemberdayaan masyarakat pun dilakukan termasuk pada sektor kesehatan.

Dosen Pembimbing Lapangan Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi sekaligus Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan Universitas YPIB Majalengka, Darmasta Maulana SKep Ners MKes menuturkan KKNT Kalideres terdiri dari mahasiswa di 5 perguruan tinggi yakni Universitas Yayasan Pendidikan Imam Bonjol (YPIB) Majalengka, Universitas Wiralodra Indramayu, Institut Teknologi Petroleum Balongan Ibdramayu, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Institut Budi Utomo Nasional Majalengka.

BACA JUGA:Sumringah, Komipo dan PT Cirebon Power Services Bangun Infrastruktur Nelayan

BACA JUGA:Resmikan Masjid Syarif Abdurachman di Cirebon, Wapres Ma'ruf Amin: Lanjutkan Semangat Wali Songo

Program ini merupakan program rutin yang digulirkan LLDIKTI Wilayah IV Jabar.

"Ini adalah program pemberdayaan masyarakat, yng berasal dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat," tuturnya.

Berlangsung sejak tanggal 4 Agustus hingga 9 September mendatang. Beragam kegiatan yang mengarah pada kesehatan untuk warga Kalideres telah dilaksanakan.

Mulai dari penyuluhan, pemetaan, dan pendataan stunting, kemudian pembinaan perliaku hidup bersih dan sehat untuk anak SD, pengelolaan sampah, hingga donor darah.

Adapun kegiatan donor darah dilaksanakan pada Jumat 25 Agustus 2023 di Kantor BPD Desa Kalideres. Peserta yang ikut serta harus memenuhi beberapa persyaratan seperti Usia 17th s/d 60th, berat badan minimal 45kg, tekanan darah 100/60 MMHG sampai 160/100 MMHG, kadar hemoglobin 12,5 G/DL sampai 17,5 G/DL, tidak minum obat 3 hari sebelumnya, dan bukan wanita hamil/menyusui.

BACA JUGA:Bupati Imron: Hanya Rp150 Ribu Saja, Masyarakat Bisa Buat Sertifikat Tanah

BACA JUGA:Pengamat: Bandara Sepi Karena Rute Penerbangan 'Tidak Manis'

"Selain warga desa, beberapa masyartakat umum juga mengikuti kegiatan donor darah ini, selain bertujuan untuk menyelamatkan hidup orang lain donor darah juga dapat membuat tubuh jadi lebih sehat," ungkapnya.

Diharapkan dengan beragam rangkaian program yang dilaksanakan di Desa Kalideres ini, mahasiswa bisa belajar secara nyata di tengah masyarakat dan mengimplementasikan beragam teori pembelajaran yang didapatkan di kampus.

 

"Besar harapan kami, program yang berjalan ini nantinya bisa dilanjutkan secara mandiri oleh warga Desa Kalideres agar bisa menjadi Desa yang maju," tukasnya. (apr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase