Daftar Penerbangan Bandara Husein Sastranegara yang Pindah ke Bandara Kertajati, Ada Trayek Paling Ramai

Daftar Penerbangan Bandara Husein Sastranegara yang Pindah ke Bandara Kertajati, Ada Trayek Paling Ramai

Daftar penerbangan Bandara Husein Sastranegara yang pindah ke Bandara Kertajati.-Husein Sastranegara/Ig-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Sejumlah rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara resmi pindah ke Bandara Kertajati pada 29, Oktober 2023 nanti.

Pemindahan rute penerbangan domestik tersebut merupakan upaya mengoptimalkan penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang berada di Kabupaten Majalengka.

Baik Bandara Husein Sastranegara maupun BIJB Kertajati nantinya akan saling mendukung dengan konsep multi airport system yang dikembangkan Angkasa Pura II.

Dengan konsep ini, Bandara Husein Sastranegara tidak benar-benar dimatikan. Tetapi masih akan melayani penerbangan komersial terjadwal, penerbangan komersial tidak terjadwal, VVIP hingga layanan kargo.

BACA JUGA:PAN Kabupaten Cirebon Tetap Tegak Lurus Dukung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Penataan rute yang diberlakukan untuk kedua bandara di Provinsi Jawa Barat tersebut dilakukan berdasarkan jenis pesawat.

Yakni, pesawat jet beroperasi di Bandara Kertajati dan pesawat propeller atau jenis ATR akan beroperasi di Bandara Husein Sastranegara.

Mengacu pada publikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, sebanyak 6 rute penerbangan yang akan dipindahkan yakni, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang.

Dari 6 rute tersebut, penerbangan Bandung - Denpasar adalah yang paling banyak dioperasikan selama ini atau rute favorit.

BACA JUGA:4 Maskapai yang akan Beroperasi di Bandara Kertajati Oktober Nanti, Ada 'Rajanya' Bandara Husein Sastranegara

Bahkan dalam 1 hari terdapat 8 kali penerbangan Bandung - Denpasar pulang pergi yang dioperasikan oleh 3 maskapai yakni Super Air Jet, AirAsia dan Citilink.

Rute penerbangan yang diumumkan ini, berbeda dengan pengajuan pada Slot Time Conference yang disampaikan manajemen PT BIJB (Perseroda).

Rute yang diajukan oleh manajemen BIJB Kertajati saat slot time conference di Kota Batam mencakup Denpasar (DPS), Pontianak (PNK), Palembang (PLB), Kualanamu (KNO), Padang (PDG), Batam (BTH), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Makassar (UPG), dan Lombok (LOP).

Kemudian penerbangan internasional terjadwal yakni Kertajati - Kuala Lumpur (KUL) yang saat ini sudah dioperasikan Maskapai AirAsia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: