Wood Pellet, Sumber Energi yang Murah, Ramah Lingkungan dan Banyak Manfaat, Bisa Dipakai PLTU hingga UMKM

Wood Pellet, Sumber Energi yang Murah, Ramah Lingkungan dan Banyak Manfaat, Bisa Dipakai PLTU hingga UMKM

Wood pellet yang merupakan energi alternatif terbarukan dan bisa sebagai campuran batubara untuk PLTU.-Kementerian KLHK/Diolah-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Walau masih asing di telinga, membahas wood pellet memang menarik. Apalagi produk yang satu ini memiliki banyak kegunaan. 

Setidaknya ada tiga kegunaan dari wood pellet untuk kebutuhan energi. Walau sebenarnya masih banyak lagi untuk kepentingan non-energi yang lain.

Wood pellet memang biomass untuk energi terbarukan. Raw materialnya mudah didapat. Sebagian besar berupa serbuk kayu. Tapi ada juga yang dari serbuk tumbuhan lainnya. Seperti sekam dan limbah tebu.

Nah, Wood pellet khusus untuk energi merupakan hasil pengolahan limbah kayu menjadi serbuk yang dipadatkan. Bentuknya menjadi silindris dengan diameter yang bervariasi.

BACA JUGA:BYE BYE PERTALITE! Ini 3 Produk BBM Baru dari Pertamina, Dicampur Etanol Oktan Melonjak Jadi 92 dan 95

Bahan ini semakin banyak digunakan oleh berbagai sektor industri seperti, pembangkit listrik, Industri Minyak Atsiri, Industri makanan, Industri Teh, Industri kaca dan keramik.

Penggunaan wood pellet di negara dengan 4 musim seperti Eropa dan Amerika menggunakan wood pellet sebagai sumber energi memanaskan ruangan ketika musim dingin, sebagai energi penghasil listrik maupun sebagai sumber energi untuk kebutuhan rumah tangga lainnya. 

Di Indonesia, setidaknha ada 3 kegunaan wood pellet untuk energi saat ini, yakni:

1. Sebagai sumber pembangkit listrik alternatif
 wood pellet adalah salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.

2. Sebagai Alternatif Pembakaran Boiler
Pembakaran boiler atau ketel uap seperti ini, umumnya juga menggunakan bahan bakar batu bara. Namun kali ini, Anda dapat menyiasatinya dengan penggunaan wood Pellet.

BACA JUGA:Truk Kontainer Terperosok di Pangenan, Separuh Jalur Pantura Cirebon Terhalang

3. Sebagai alternatif bahan bakar pemanas tungku di rumah
Dibandingkan dengan menggunakan bahan batubara, penggunaan bahan yang satu ini juga terbilang lebih simpel, emisi yang sangat kecil, serta kalori atau mampu menghasilkan sistem pembakaran yang lebih baik. Hasilnya udara di dalam ruangan jauh lebih hangat walaupun menggunakan bahan pelet kayu yang lebih sedikit.

Lalu, apa alasan menggunakan wood pellet untuk energi? 

Saat ini wood pellet untuk energi telah menjadi bahan bakar primadona untuk kebanyakan orang. Bahkan  di negara yang mempunyai empat musim sekalipun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: