Niat Shalat Qashar, Sebelum Itu Baca Hal yang Harus Diperhatikan Berikut Ini

Niat Shalat Qashar, Sebelum Itu Baca Hal yang Harus Diperhatikan Berikut Ini

Niat shalat Qashar yang dilakukan di tengah perjalanan. Foto hanya ilustrasi.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM – Ibadah merupakan wujud dari ketaatan seorang hamba kepada tuhannya. Dalam agama islam, Sholat lima waktu adalah ibadah utama yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam kepada Allah Ta’ala.

Dalam pelaksanaannya, umat islam diberikan keringanan untuk mengerjakan sholat lima waktu pada situasi tertentu. Seperti pada saat bepergian jauh, umat islam diberikan kemudahan untuk melakukan sholat qashar.

Shalat Qashar merupakan sholat dengan jumlah rakat yang lebih pendek dibanding dengan Shalat lima waktu pada umumnya.  

Qashar adalah salah satu bentuk kemudahan yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada umatnya agar dapat tetap mengerjakan sholat lima waktu walaupun dalam kondisi – kondisi yang membatasi waktu.

BACA JUGA:Teja Paku Alam Kembali di Bawah Mistar Gawang Persib Bandung, Menang Clean Sheet, Sudah di Posisi 5 Klasemen

Salah satu kondisi yang diperbolehkan melaksanakan sholat Qashar adalah ketika bepergian dengan jarak yang jauh. Jarak yang sesuai dengan ketentuan sholat qoshor berjarak 90 km atau bisa disesuaikan dengan ulama – ulama tertentu.

Berikut langkah - langkah yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan Shalat Qashar

Mengetahui waktu shalat. Pastikan kita mengetahui waktu – waktu shalat yang sah sesuai dengan tempat dan ketentuan lainnya.

Mengetahui jumlah rakat. Kita perlu mengetahui jumlah rakat yang ada dari setiap shalat yang akan kita kerjakan sehingga tidak salah dalam meng-qashar rakaatnya.

BACA JUGA:Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton, Yuk Cobain Supaya Jualan Laris Manis

Untuk sholat yang memiliki empat rakat seperti Dzuhur, Ashar dan Isya hanya dilakukan dengan dua rakat. Sedangkan sholat lain seperti Subuh dan Maghrib dikerjakan seperti biasa.

Melaksanakan Shalat Qashar. Selain kita tahu shalat apa saja yang bisa diqashar dan berapa jumlah rakaatnya, kita perlu mengetahui tata cara Shalat Qashar agar terlaksana sebagai ibadah yang sah.

Berikut contoh niat Shalat Qashar :

1. Shalat Dzuhur dan Ashar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: