Kota Cirebon Tuan Rumah Rakornas Dewan Pendidikan Se Indonesia

Kota Cirebon Tuan Rumah Rakornas Dewan Pendidikan Se Indonesia

Pembukaan Rakornas Dewan Pendidikan se Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Prima Kota Cirebon.-Azis Muhtarom-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ratusan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia, menghadiri Rakornas Ke-2 Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Indonesia (FKDPI), yang dilakukan di Kota Cirebon.

Agenda itu berlangsung di Hotel Prima Cirebon, Kota Cirebon mulai Minggu 17 September 2023 hingga Senin 19 September 2023.

Para pengurus Dewan Pendidikan di daerah-daerah ini akan membahas isu-isu strategis seputar dunia pendidikan di nasional dan daerah. 

Hasilnya, akan dijadikan rekomendasi yang akan disampaikan kepada menteri pendidikan dan kementrian lembaga lainnya yang terkait.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smartphone Nokia Dengan Harga di Bawah 2 Jutaan

Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati MAP membuka secara resmi Rakornas kemarin. 

Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim BA MBA berkesempatan membacakan sambutan melalui tayangan video. Sekaligus memberikan selamat atas terselenggaranya Rakornas ke-2 FKPDI.

Ketua Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Indonesia (FKDPI) Dr H Joko Riyanto SH MM MH menyebutkan, salah satu isu yang dibahas adalah terkait Dewan Pendidikan di tingkat daerah sudah berdiri.

Selain itu, Dewan Pendidikan di tingkat daerah sudah kompak dalam menjalankan tugas fungsi mengawal keberlangsungan sistem pendidikan, bersama dengan pemerintah daerah masing-masing.

BACA JUGA:3 Smartphone Nokia terbaru di tahun 2023, sudah Android, yuk cek dulu ada apa saja

“Namun hal ini belum didukung oleh pemerintah di tingkat pusat. Sebab, di tingkat nasional, belum terbentuk Dewan Pendidikan Nasional," kata Dr H Joko Riyanto.

Salah satu gagasan di Rakornas ini, sebutnya, akan membentuk relawan yang akan mengawal pembentukan Dewan Pendidikan Nasional.

Relawan ini diharapkan bersedia diberikan kepercayaan untuk menjadi formatur dalam rangka mengawal pembentukan Dewan Pendidikan di tingkat pusat. Sehingga pada rakornas berikutnya, Dewan Pendidikan Nasional terbentuk.

Ditambahkan Joko, Rakornas ke-2 Dewan Pendidikan se Indonesia ini juga diharapkan bisa melahirkan konsep dan gagasan-gagasan yang baru untuk perkembangan dunia pendidikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: