Formatur Ikatan Alumni Lemhannas RI Korwil Ciayumajakuning Terbentuk

Formatur Ikatan Alumni Lemhannas RI Korwil Ciayumajakuning Terbentuk

Koordinator Wilayah IKAL Lemhannas DPD Jawa Barat. -ist-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) sudah tentu sangat dikenal masyarakat secara luas.

Lemhannas ini merupakan lembaga yang salah satunya mempersiapkan pemimpin - pemimpin yang memiliki wawasan kebangsaan.

Dan, memaknai dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila salah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setiap tahun Lemhannas RI menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan berbagai jenis program pendidikan dan pelatihan.

BACA JUGA:Deretan Tenant di Bandara Kertajati, Ada Starbucks hingga Roti O Bakal Tersedia Oktober Nanti

Hal tersebut tentu melahirkan alumni - alumni Lemhannas RI dari berbagai daerah dan kalangan mulai dari kalangan sipil hingga militer.

Alumni Lemhannas ini menjadi agen dari Lemhannas untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila dilingkungan sekitar alumni tinggal.

Secara nasional alumni Lemhannas RI telah berhimpun dalam satu wadah IKAL lemhannas RI. IKAL lemhannas ini pun terbentuk hingga ke tingkat provinsi dan ke depannya hingga ke tingkat daerah kota/kabupaten.

Salah satu upaya menjaring dan mengkoordinasikan alumni Lemhannas RI khususnya di wilayah Ciayumajakuning maka dilakukan upaya pembentukan koordinator Wilayah IKAL Lemhannas DPD Jawa Barat.

BACA JUGA:Berkas Sudah Lengkap, Perkara Kasus Penistaan Agama Panji Gumilang Segera Meluncur ke Kejagung

Dari hasil berhimpun tersebut telah terbentuk 7 orang formatur yang terdiri dari berbagai kalangan baik akademisi, tokoh masyarakat dan birokrat yang selanjutnya akan mempersiapkan kepengurusan Alumni Lemhannas RI Korwil Ciayumajakuning.

Ketua formatur korwil ciayumajakuning IKAL lemhannas DPD Jawa Barat Prof  Dr Sugianto SH MH yang juga merupakan guru besar fakultas hukum IAIN syekh Nurjati Cirebon mengatakan, dengan terbentuknya Korwil Ciayumajakuning IKAL Lemhannas RI DPD Jawa Barat dapat semakin solid dan lebih berkontribusi kepada masyarakat khususnya turut serta dalam pembangunan daerahnya masing-masing.

Terpisah Angga Maradeka SE yang juga komisioner Komisi Informasi Kabupaten Cirebon menambahkan, di wilayah Ciayumajakuning alumni lemhannas hampir tersebar di berbagai kalangan.

Bahkan, hampir semua pejabat publik, kepala daerah pimpinan Polri dan TNI bahkan akademisi dan pimpinan kampus di Ciayumajakuning adalah alumni Lemhannas.

BACA JUGA:Kebiasaan Aneh Bojan Terbukti Ampuh, Persib Konsisten di Setiap Laga

“Tentu ini akan menjadi modal yang kuat bagi Lemhannas dalam menyebarluaskan 4 konsepsi kebangsaan yang memang selalu konsisten dilakukan Lemhannas,” katanya.

Angga mengungkapkan, dengan terbentuknya pengurus Korwil Ciayumajakuning IKAL Lemhannas DPD Jawa barat akan dapat berkontribusi positif yang dilakukan alumninya dalam pembangunan daerah sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing alumni. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase