KAI Daop 3 Cirebon Menghimbau Masyarakat untuk Tidak Membakar Sampah di Sekitar Jalur Kereta Api

KAI Daop 3 Cirebon Menghimbau Masyarakat untuk Tidak Membakar Sampah di Sekitar Jalur Kereta Api

Petugas PT KAI Daop 3 Cirebon memadamkan kobaran api semak yang bisa menghalangi jarak pandang masinis.-Istimewa-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Memasuki musim kemarau, banyak semak dan ilalang kering di sepanjang jalur kereta api.

Namun, PT KAI Daop 3 Cirebon mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakarnya atau melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran di sekitar jalur kereta api karena kegiatan tersebut sangat berbahaya dan dapat mengganggu perjalanan kereta api.

Selain itu, jalur kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon sebagian besar melintasi area persawahan dan masih banyak dijumping.

Sehubungan dengan peristiwa yang terjadi pada hari Senin 18 September 2023 di petak jalan antara Waruduwur dan Cirebon Prujakan di KM 214+215, terjadi kebakaran di sekitar jalur KA.

BACA JUGA:Novan Heriyanto Membuka Muscab Empat Cabang Muhammadiyah Di Wilayah Timur Cirebon

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, meminta seluruh warga dan petani untuk menghindari melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran di sekitar jalur KA.

Kabel optik di bawah jalur kereta api merupakan perangkat persinyalan yang berfungsi untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta api. Selain itu, hal ini dapat mengganggu jarak pandang Masinis.

Jika terjadi kebakaran di dekat jalur kereta api, masinis kereta api yang melewati lokasi tersebut akan mengurangi kecepatan kereta apinya, bahkan sampai berhenti, untuk memastikan bahwa kebakaran tersebut tidak mengganggu rangkaian kereta api.

Setelah itu, masinis melaporkan gangguan tersebut kepada pusat pengendali perjalanan kereta api, yang kemudian dikirim ke unit terkait serta kereta api berikutnya yang akan melewati jalur tersebut.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Anti Ribet, BRI Sediakan Layanan Digital Customer Service

Ayep menyatakan bahwa selain asap yang dapat menghalangi pandangan masinis KA, api dari sampah dan ilalang hasil panen juga dapat mengancam keselamatan perjalanan kereta api karena BBM yang ada di lokomotif, rangkaian, dan jika terdapat kereta api barang yang membawa muatan mudah terbakar dapat memicu kebakaran.

Menurut Ayep, laporan masinis menunjukkan bahwa enam kali terjadi kebakaran di dekat jalur kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon pada bulan September.

“Selain itu, kebakaran di sekitar jalur KA juga dapat terjadi karena perilaku membuang puntung rokok sembarangan, sehingga membuat rumput atau ilalang yang sudah kering di sekitar jalur KA ikut terbakar,” tutup Ayep. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase