Waspadai Penyebab Terjadinya Kecelakaan Saat Megendarai Motor

Waspadai Penyebab Terjadinya Kecelakaan Saat Megendarai Motor

Berkendara aman dengan menghindari perilaku yang dapat mendatangkan kecelakaan. -DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Melakukan pengecekan kondisi sepeda motor menjadi salah satu hal yang penting dilakukan sebelum berkendara.

Hal ini menjadi salah satu upaya terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, perlengkapan berkendara yang lengkap dan penguasaan keterampilan berkendara juga harus dimiliki pengendara agar berkendara aman dan nyaan. 

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma mengatakan selain memperhatikan beberapa hal tersebut, ternyata menurut survei dan data dari pihak kepolisian, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan terjadi disebabkan oleh perilaku berkendara.

"Ada lima faktor perilaku pengendara sepeda motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan, hal ini tentu harus dihindari dan diperhatikan dengan baik oleh pengendara sepeda motor," tuturnya.

Salah satu faktor yang paling banyak menyumbang kecelakaan di jalan raya adalah ceroboh saat berlalu-lintas.

Pengendara kurang memahami rambu-rambu lalu lintas, melawan arus, cara menyeberang jalan yang salah dan yang paling banyak adalah pengendara yang selalu menerobos lampu merah.

BACA JUGA:Saldo Segini, Nasabah Bank BCA Bisa Kena Penutupan Rekening Otomatis, Mulai 1 November 2023

BACA JUGA:Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Saat ini sering juga ditemukan kasus pengendara yang menyalakan lampu sein yang tidak tepat seperti lampu sein ke kiri tapi pengendara berbelok ke kanan.

Tentunya hal tersebut bukan hanya untuk kalangan emak-emak saja, tapi diwajibkan untuk semua pengendara untuk selalu hati-hati saat berbelok.

Salah satunya menyalakan lampu sein yang tepat, melihat spion dan menengok ke belakang sebelum berbelok dan tentunya juga untuk selalu fokus saat berkendara.

Setiap pengendara di jalan raya setidaknya harus memiliki skill berkendara, salah satunya adalah kemampuan saat menyalip atau mendahului kendaraan di depan.

Tentunya harus bijak saat melihat kondisi jalan, mengetahui posisi aman dan tentunya gunakan etika saat menyalip seperti menyalakan lampu sein, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: