AI dalam Sumber Daya Manusia, Teknologi yang akan Mengubah Operasional Karyawan Jadi Lebih Mudah

AI dalam Sumber Daya Manusia, Teknologi yang akan Mengubah Operasional Karyawan Jadi Lebih Mudah

Ilustrasi. Artificial Intelligence (AI)-Dok-Radar Cirebon

RADARCIREBON.COM - Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini. 

Kecerdasan buatan ini memberikan keuntungan dan manfaat di berbagai bidang kehidupan. 

Manfaat Artificial Intelligence ini juga berkaitan erat dalam lini Sumber Daya Manusia (SDM). 

Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya. 

BACA JUGA:Frustasi Batal Nikah, Remaja di Indramayu Nekat Panjat Tower, Mau Turun Setelah Lihat Pacar

Ilmuwan Komputer Professor John McCarthy diketahui sebagai tokoh yang memperkenalkan konsep AI pada tahun 1956.

Pada tahun 2018 McKinsey melakukan studi mengenai penggunaan Artificial Intelligence pada perusahaan, sebanyak 48 persen perusahaan menggunakan setidaknya satu sistem Artificial Iintelligence dalam proses bisnis mereka. 

Sedangkan, pada tahun 2017 terjadi sebaliknya, hanya 20 persen perusahaan yang menggunakan bantuan Artificial Intelligence. 

Era awal pengenalan Artificial Intelligence sudah berlalu. Saat ini penggunaan AI dalam kehidupan sehari hari mulai menjadi hal yang sangat lumrah, terlebih pada berbagai sektor dalam perusahaan, salah satunya adalah pengelolaan sumber daya manusia.

BACA JUGA:NGERI, Tangan dan Kaki Wanita Ini Diamputasi Setelah Makan Ikan Nila yang Mengandung Bakteri

Artificial Intelligence merupakan simulasi kecerdasan manusia yang dimasukkan ke dalam komputer ataupun mesin tertentu. 

Dengan demikian, perangkat tersebut bisa memiliki cara berpikir seperti halnya manusia. Cara berpikir tersebut meliputi analisa, pengolahan data, pengambilan keputusan, dan masih banyak lagi. 

Karena hal itu, tak heran jika banyak pekerjaan manusia yang bisa selesai dalam waktu singkat berkat bantuan Artificial Intelligence. 

Tidak sampai disitu, bukan hanya cepat tetapi hasilnya juga akurat dan memuaskan. Terkait hal itu, sebenarnya ada banyak alasan yang menunjukkan betapa pentingnya peran Artificial Intelligence dalam SDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: