Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Waspada pelaku scammer di media sosial termasuk Instagram.-Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Jangan senang dulu jika ada permintaan pertemanan dari orang asing di akun instagramu. Justru sebaliknya, jika ada permintaan seperti itu patut dicurigai.

Apa sebabnya? Jangan-jangan sosok orang asing yang meminta pertemanan di Instagram (IG) justru sedang merancang sesuatu kejahatan.

Sosok orang asing itu biasa laki-laki dan perempuan. Intinya kita pemilik IG jangan ringan tangan menerima permintaan tersebut. Harus diteliti dan dicermati terlebih dahulu.

Salah satu modus yang biasa dipraktikkan oleh sosok orang asing yang meminta pertemanan adalah melakukan aksi scamner di akun IG.

BACA JUGA:Frustasi Batal Nikah, Remaja di Indramayu Nekat Panjat Tower, Mau Turun Setelah Lihat Pacar

Secara umum yang dimaksud scammer  adalah orang yang melakukan upaya penipuan melalui internet.  Biasanya dilakukan oleh sekelompok, individu atau perusahaan.

Biasanya juga aksi penipuan scammer ini berkedok penjualan suatu produk, penawaran hadiah dan penipuan pinjaman. Juga bisa penawaran kerjasama yang menjanjikan keuntungan.

Nah, sekali lagi, pahami dahulu sosok akun orang asing itu. Jika tidak benar-benar kenal dan aman, sebaiknya abaikan saja.

Lalu, seperti apa praktik atau modus para scammer ini beraksi?

BACA JUGA:Seorang Pria Sering Ngamuk di Blok Muara Tua Diamankan Polsek Ligung

Berikut ini ada 10 modus yang biasa dijalankan oleh sosok akun orang asing yang melakukan aksi scammer:

1. Sosok Lawan Jenis

Biasanya akun media sosial scammer ini menyesuaikan sasaran. Jika Anda perempuan, maka akun tersebut akan memuat profil laki-laki begitu juga sebaliknya. 

Hal ini juga dapat diartikan jika pelaku yang menyasar perempuan adalah laki-laki dan yang menargetkan laki-laki adalah perempuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: