Namanya Sirap Bandung, Tapi Tidak Ada di Bandung, Terkenal di Malaysia dan Singapura

Namanya Sirap Bandung, Tapi Tidak Ada di Bandung, Terkenal di Malaysia dan Singapura

Minuman Sirap Bandung yang sangat terkenal di Singapura dan Malaysia. -Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Walau namanya Sirap Bandung, tapi minuman ini sulit ditemukan di Kota Bandung Jawa Barat. minuman tersebut justru terkenal dan favorit di masyarakat Malaysia dan Singapura.

Ya, minuman Bandung atau lebih dikenal Sirap Bandung. Ternyata nama ini merupakan minuman favorit warga Malaysia dan Singapura.

Apalagi saat Ramadhan tiba. Sirap Bandung merupakan teman berbuka puasa yang paling setia. Bisa jadi mirip Sirup Tjampolai kalau di Cirebon dan sekitarnya.

Sebenarnya, Sirap Bandung adalah minuman campuran sirup mawar dan susu yang diberi es batu. Minuman ini merupakan adaptasi susu mawar yang berasal dari India.

BACA JUGA:Mulai Oktober, Malaysia Airlines Layani Penerbangan ke Bandara Kertajati, Cirebon dan Majalengka Disebut-sebut

Lalu apa kaitannya antara Sirap Bandung dengan Kota Bandung? Ternyata tidak ada kaitannya. Hanya namanya saja yang sama.

Secara bahasa, Sirap, merupakan ejaan Melayu dari kata Syrup dalam bahasa Inggris. Sedangkan Bandung dalam bahasa Melayu dapat diartikan sebagai "pasangan".

Artinya Sirap Bandung adalah sirup mawar yang dipasangkan dengan susu. Maka disebut Sirap Bandung.

Cara membuat Sirap Bandung cukup sederhana. Campurkan sirup mawar, susu dan air sesuai selera takaran manisnya, aduk dan bubuhi es batu. Sirap Bandung siap disajikan.

BACA JUGA:Sejumlah Langkah yang Diperlukan Jika BCA Moblile Mengalami Gangguan

Manis harum aroma mawar ditambah susu, menghasilkan minuman creamy beraroma mawar. Inovasi dari minuman ini adalah dengan menambahkan toping seperti jelly, cincaw atau mengganti air biasa dengan soda.

Jadi bagi orang Jawa Barat jangan tepuk dada dulu. Ada Sirap Bandung di Malaysia dan Singapura. Padahal kata “Bandung” dalam bahasa Melayu artinya berlapis atau pasangan.

Minumannya dinamakan bandung karena ada lapisan air sirup mawar di bawah dan susu di atas.

Memang di Bandung ada yang pernah menjual Sirap Bandung. Sirup ini pernah dijual di  supermarket Yogya Jalan Kepatihan dan Yogya Jalan Riau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: