Pasukan Gabungan Menghalau Massa dari Balaikota Cirebon, Ini yang Terjadi

Pasukan Gabungan Menghalau Massa dari Balaikota Cirebon, Ini yang Terjadi

Komando Resort Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati kembali menggelar simulasi antisipasi aksi unjuk rasa anarkis, Rabu (27/9/2023). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Komando Resort Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati kembali menggelar simulasi antisipasi aksi unjuk rasa anarkis.

Simulasi berlangsung di halaman depan Balaikota Cirebon Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (27/9/2023).

Melibatkan prajurit dari 3 Matra yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta dari instansi lain seperti Polri, Dishub, dan Satpol PP Kota Cirebon.

Dalam simulasi tersebut skenario bermula ketika gedung Balaikota Cirebon diduduki oleh pengunjuk rasa.

Mendapat laporan tersebut, Korem 063/Sunan Gunung Jati berkoordinasi dengan instansi lainnya langsung menerjunkan pasukan Pengendali Huru Hara (PHH) ke Balaikota.

Selanjutnya, pasukan PHH TNI gabungan langsung menghalau keluar para pengunjukrasa keluar dari Balaikota Cirebon. Pasukan PHH sempat mendapatkan perlawanan dari pengunjuk rasa saat dipukul mundur.

Massa pengunjuk rasa tak terima dengan apa yang dilakukan petugas gabungan, bentrokan pun tak bisa dihindari.

BACA JUGA:Ini yang Wajib Diketahui Para Bobotoh, Bagaimana Sejarah Rivalitas Persija Jakarta dan Persib Bandung?

BACA JUGA:Mengawali Bisnis agar Sukses, Bagaimana Caranya? Tips dan Trik dari Pakar Marketing Ini bisa Jadi Panduan

Mereka (massa) melawan dengan cara memukul petugas yang sudah dilengkapi dengan alat pelindung tameng, melempar botol, dan menggunakan flare.

Karena kericuhan tak kunjung reda, petugas TNI dari Korem 063/SGJ Cirebon pun terpaksa menerjunkan mobil water canon lalu menyemprotkan air ke arah massa pengunjuk rasa sehingga secara perlahan-lahan akhirnya mereka bisa didorong ke luar kantor.

Hingga akhirnya, massa pun bisa kembali keluar dari kantor dan petugas berhasil membubarkan diri para demonstran.

Simulasi tersebut disaksikan langsung Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati dan pejabat TNI, Polri dan forkopimda lainnya. 

"Simulasi ini sebagai bentuk latihan dalam melakukan protap LKO atau Latihan Kesiapan Operasional. Dan latihan ini  merupakan lanjutan yang sudah dilaksanakan di tingkat kotama, yaitu di tingkat Kodam, dan bapak Panglima sebagai Pangkogasgad (Panglima Komando Tugas Gabungan Paduan)," ungkap Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel (Inf) Andi Asmara Dewa kepada radarcirebon.com ditemui usai pimpin latihan, Rabu (27/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: