Gelar Musdesus, Desa Sindanglaut Mendukung CDOB Cirebon Timur

Gelar Musdesus, Desa Sindanglaut Mendukung CDOB Cirebon Timur

Ketua FCTM, KH Usamah Manshur sedang memaparkan potensi Cirebon Timur yang saat ini sedang proses pembentukan CDOB. -IST-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Pelaksanaan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dalam rangka dukungan terhadap pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Cirebon Timur kembali dilakukan.

Kali ini, Musdesus berlangsung di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Rabu 27 September 2023.

Ketua Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM), KH Usamah Manshur memimpin langsung jalannya Musdesus yang juga dihadiri langsung Kuwu Sindanglaut Taufik dan jajaran BPD setempat.

Dalam pemaparannya, KH Usamah Manshur mengatakan bahwa pembentukan CDOB Cirebon Timur bertujuan ingin lebih mensejahterakan masyarakat.

Pasalnya, dengan kondisi Kabupaten Cirebon saat ini terlalu luas, sehingga rentang kendali pemerintahan daerah tidak efektif.

BACA JUGA:Pasar Caplek Diresmikan, Ini Harapan Bupati Cirebon

“Makanya, kita bisa lihat proses pembangunan dan pelayanan masyarakat jadi terlambat, karena banyak wilayah yang harus diurus,” ucapnya.

Oleh sebab itu, CDOB Cirebon Timur merupakan solusi alternatif yang bisa diusung untuk memecahkan masalah tersebut.

Selain itu, CDOB Cirebon Timur juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pasalnya, Jawa Barat selalu mendapatkan sharing anggaran dari Pemerintah Pusat lebih kecil dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Salah satu faktornya adalah jumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat lebih sedikit dibandingkan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BACA JUGA:Setidaknya Ada 10 Langkah untuk Tingkatkan Potensi Perdagangan Karbon di Indonesia

“Penduduk Jawa Barat hampir 50 juta jiwa, tapi anggaran dari pusat jatuhnya lebih banyak Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setelah diteliti, ternyata kabupaten dan kota du dua provinsi ini lebih banyak,” bebernya.

Oleh sebab itu, pembentukan daerah otonomi baru juga menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Dalam kesempatan ini, saya meminta dukungan masyarakat Desa Sindanglaut untuk mendukung program tersebut, demi kemaslahatan bersama,” ajaknya.

Setelah menempuh proses Musdesus, Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon mendukung kehadiran CDOB Cirebon Timur yang sedang diperjuangkan oleh FCTM. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase