Peringati HUT ke-78, PMI Kota Cirebon Luncurkan Program Bulan Dana

Peringati HUT ke-78, PMI Kota Cirebon Luncurkan Program Bulan Dana

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon menggelar upacara memperingati HUT ke-78 PMI, Rabu 27 September 2023. FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mengangkat tema “Menolong Sepenuh Hati”, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon menggelar upacara memperingati HUT ke-78 PMI.

Upacara yang berlangsung di halaman Setda Balaikota Cirebon tersebut diikuti ratusan pelajar yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) dan para relawan PMI se-kota Cirebon dan dipimpin langsung Wakil Wali Kota Cirebon Hj Eti Herawati, Rabu 27 September 2023.

Sambutan Walikota Cirebon H Nasrudin Azis yang dibacakan Wakil Wali Kota Cirebon Hj Eti Herawati mengatakan, Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia pengabdiannya sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusian.

"Karena itulah, perlu selalu diingatkan agar kita semua melaksanakan prinsip-prinsip dasar kita yang telah kita setujui bersama yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.”

BACA JUGA:Sunatan Massal di Tukkarangsuwung, Antara Peringatan Maulid Nabi dan Upaya Lahirkan Genarasi Islam yang Sehat

“Itulah prinsip pokok yang harus dipahami oleh semua relawan, pengurus serta kita semua keluarga besar Palang Merah untuk membantu masyarakat," katanya.

Menurut Eti, akhir-akhir ini kita harus bersyukur karena tidak banyak bencana, seperti bencana alam, gempa bumi dan tsunami.

"Tetapi bencana alam lainnya yang tidak kalah sulitnya yang kita tangani yaitu bagaimana kekeringan, bagaimana iklim yang berubah sehingga menyebabkan banyak penderitaan.”

“Penderitaan itu misalnya berupa masyakarat yang tidak mendapat air bersih sebagaimana seharusnya dan juga di bidang-bidang lainnya.”

BACA JUGA:Pasar Caplek Diresmikan, Ini Harapan Bupati Cirebon

“Oleh sebab itu, program kita pada bulan-bulan ini adalah bagaimana membantu masyarakat yang kekeringan, yang kekurangan air bersih dan juga kehidupannya yang sulit," ujarnya.

Dalam rangka melaksanakan bantuan, lanjut Wakil Wali Kota, kita harus menolong dengan Sepenuh Hati.

"Sepenuh hati artinya penuh ikhlas, penuh kerja keras, dan tentu juga pengabdian untuk mendapatkan ridha dari  Tuhan Yang Maha Esa.”

“Kepada seluruh relawan, seluruh pengurus dan masyarakat umum yang membantu dan juga para sponsor untuk dengan sepenuh hati membantu kegiatan-kegiatan Palang Merah Indonesia sehingga kita dapat mengabdi kepada kemanusiaan," ucapnya.

BACA JUGA:Sebutan Baru Persib Bandung, Tukang Prank Lawan

Sementara itu, Ketua PMI Kota Cirebon, dr Edial Sanif menyebutkan, sesuai dengan tema HUT ke-78 PMI, menolong kemanusiaan jangan melihat dari latar belakang apapun maupun siapapun orangnya.

"Pada HUT ke-78 PMI ini, kami juga meluncurkan program Bulan Dana PMI. Program itu akan berlangsung selama tiga bulan.”

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kita Cirebon untuk membantu menyukseskan bulan dana PMI ini," sebutnya.

Diterangkan dr Edial, PMI Kota Cirebon memperoleh beberapa prestasi. Seperti, PMR juara satu Jumbara tingkat nasional, dan Kota Cirebon salah satu dari dua daerah di Pulau Jawa yang diapresiasi oleh American Red Cross dalam Imunisasi BIAN.

BACA JUGA:Setidaknya Ada 10 Langkah untuk Tingkatkan Potensi Perdagangan Karbon di Indonesia

“Ini merupakan suatu prestasi buat kita, dunia pun mengakui kita dan relawan kita ada yang diakui oleh PMI Jenewa, serta mendapatkan beberapa penghargaan,” pungkasnya.  (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase