Ganggu Kesehatan, PKS Minta Pemda Tertibkan Stockpile Batubara

Ganggu Kesehatan, PKS Minta Pemda Tertibkan Stockpile Batubara

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon fraksi PKS l, Nurkholis menerima keluhan warga desa Bendungan Kecamatan Pangenan terkait debu batu bara. Foto:-Istimewa-

SUMBER, RADARCIREBON.COM - Debu batu bara di Desa Bendungan Kecamatan Pangenan meresahkan masyarakat.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Nurkholis saat bertemu dengan perangkat dan masyarakat Desa Bendungan, kemarin (26/9/2023). 

Dalam pertemuan tersebut, masyarakat Desa Bendungan menyampaikan keluhannya terkait dampak negatif debu batubara yang berasal dari perusahaan-perusahaan stockpile di Kecamatan Pangenan. 

Stockpile merupakan tempat penimbunan sementara batubara sebelum dijual ke konsumen.

"Debu batubara tersebut telah mengotori rumah-rumah warga, menyebabkan kesulitan bernafas, dan berpotensi menimbulkan penyakit pernapasan," kata Nurkholis, kepada Radar. 

Menurutnya, setelah mendengarkan keluhan masyarakat dan melakukan peninjauan langsung di lapangan, menemukan bukti kuat bahwa masalah ini tidak hanya mengganggu kenyamanan hidup warga, tetapi juga berdampak serius pada sektor ekonomi dan kesehatan

"Beberapa petambak garam di wilayah tersebut jugamelaporkan bahwa garam yang mereka hasilkan tercemar oleh debu batubara, sehingga merugikan usaha mereka," terangnya. 

BACA JUGA:Setidaknya Ada 5 Faktor yang Menyebabkan PNS Terjerat Pinjol, Termasuk Gaya Hidup

BACA JUGA:Rumah Makan Legendaris Ini Ada di Perbatasan Cirebon - Kuningan, Wisata Kuliner Jadi Lebih Lengkap

Selain itu, kata Nurkholis, lingkungan rumah warga di Desa Bendungan juga menjadi kotor akibat debu batubara, mengganggu kualitas hidup mereka.

Kasus penyakit infeksi saluran pernapasan yang menjangkiti warga juga ditemukan terkait dengan paparan debu batubara ini.

Dalam pertemuan tersebut, Nurholis berjanji untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan.

Ia berkomitmen untuk menghubungi dinas terkait, pihak perusahaan yang terlibat dalam stockpile batubara, serta DPRD Kabupaten Cirebon untuk mencari solusi terkait permasalahan ini. 

Nurholis juga akan mengawal proses penyelesaian masalah ini agar dapat memberikan keadilan bagi masyarakat Desa Bendungan yang telah lama menghadapi masalah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: