PASTI INDAH! Jalan Tol Kuningan Dibangun di Sepanjang Lereng Gunung Ciremai

PASTI INDAH! Jalan Tol Kuningan Dibangun di Sepanjang Lereng Gunung Ciremai

Pemandangan Tol Kuningan yang akan dibangun di lereng Gunung Ciremai. Foto kegiatan pembangunan akses jalan menuju Palutungan. -BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Jalan Tol Kuningan akan dibangun di sepanjang lereng Gunung Ciremai. Pemandangan di kawasan ini, tentu sangat mempesona. Pasti indah.

Seperti diketahui, kawasan lereng Gunung Ciremai di sekitar Mandirancan dan sekitarnya adalah area hutan. Di sekitar tempat ini, nantinya akan menjadi trase Jalan Tol Kuningan.

Kendati demikian belum diketahui berapa panjang dari Jalan Tol Kuningan ini. Termasuk skema pembangunannya. Apakah hanya oleh pemerintah atau dengan kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU). 

Hanya saja, rencana pembangunan Jalan Tol Kuningan sudah dalam pembahasan di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). 

BACA JUGA:Jalan Tol Kuningan Bakal Dibangun, Ini Rute yang akan Dilewati, Exit Tol di Linggarjati dan Cigadung

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmayadi mengungkapkan, desain awal untuk pembangunan jalan tol ini sudah ada. 

Teddy membenarkan bahwa rencana pembangunan jalan tol sudah dalam pembahasan di Kementerian PUPR dengan target realisasi di tahun 2030.

"Sedang dalam kajian Kementerian PUPR, untuk desain sudah ada dan dibangun di lereng Gunung Ciremai," kata Teddy, Sabtu, 30, September 2023.

Tentunya yang diharapkan pembangunan jalan tol ini bisa lebih cepat yakni dengan skema KPBU. Sehingga tidak harus menunggu 2030.

BACA JUGA:WOW! Akan Dibangun Jalan Tol Cipali - Kuningan, Tersambung ke Tol Getaci, Melipir Gunung Ciremai

Menurut Teddy pembangunan jalan tol akan sangat menguntungkan Kabupaten Kuningan sebagai daerah tujuan wisata.

Sebab, pintu keluar atau exit tol nantinya akan dibangun di wilayah Linggarjati dan Desa Cigadung Kecamatan Cigugur. 

Pintu keluar tol di wilayah Linggarjati diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisata di sebelah utara Kabupaten Kuningan. 

Sedangkan pintu keluar di Cigadung untuk akses menuju pusat pemerintahan, Kota Kuningan dan ke kawasan wisata Palutungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: