2 Jalan Tol yang akan Dibangun di Cirebon Raya, Bakal Tembus sampai Kuningan

2 Jalan Tol yang akan Dibangun di Cirebon Raya, Bakal Tembus sampai Kuningan

Sebanyak 2 jalan tol akan dibangun di wilayah Cirebon Raya yakni Tol Cipali - Kuningan dan Tol Indramayu - Kertajati. Foto hanya ilustrasi. -BPJT-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Sebanyak 2 jalan tol akan dibangun di wilayah Cirebon Raya atau Ciayumanakuning yang mencakup Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, KUNINGAN, Indramayu dan Majalengka.

Nantinya 2 jalan tol tersebut akan membuat seluruh wilayah Cirebon Raya saling terhubung. Kemudian terhubung dengan akses tol yang sudah ada yakni jalan tol Cikopo - Palimanan (Cipali). 

Menariknya, kedua jalan tol tersebut sudah masuk dalam perencanaan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). 

Kendati demikian pembangunannya berbeda waktu yakni di tahun 2024 dan 2030. Meski tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU). 

BACA JUGA:PASTI INDAH! Jalan Tol Kuningan Dibangun di Sepanjang Lereng Gunung Ciremai

Tidak hanya menghubungkan wilayah Cirebon Raya, namun salah satu dari jalan tol ini akan terhubung ke Tol Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap atau Getaci.

Lalu, tol mana saja yang akan dibangun di wilayah Cirebon Raya pada tahun 2024 dan 2030 tersebut? 

1. Tol Indramayu - Kertajati

Wacana Tol Indramayu - Kertajati yang diusulkan bernama Indrajati mengemuka dari informasi Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina yang menginginkan percepatan pembangunan ruas tol sepanjang 46 kilometer ini. 

Rencananya, akses jalan bebas hambatan ini akan menghubungkan Asrama Haji Indramayu dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:Inilah Resto dengan View Alam di Kuningan Yang Pasti Bikin Kalian Betah

Sekaligus menjadi akses penghubung ke wilayah Indramayu seperti Jatibarang, Lohbener dan sekitarnya.

Karena perannya yang penting, pembangunan jalan tol ini sempat diminta dilakukan percepatan dengan skema KPBU. Rencana penbangunannya adalah di tahun 2024 dan selesai 2027.

2. Jalan Tol Cipali - Kuningan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: