Setidaknya ada 15 Sisi Tersembunyi dari Nabi Muhammad yang Belum Banyak Diketahui Khalayak

Setidaknya ada 15 Sisi Tersembunyi dari Nabi Muhammad yang Belum Banyak Diketahui Khalayak

Sisi tersembunyi Nabi Muhammad SAW. Foto hanya ilustrasi. -Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Bulan ini, di mana-mana umat Islam sedang merayakan Maulid Nabi. Perayaan itu merupakan momen untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, untuk merenungkan kembali sejarah serta perjuangan Nabi Muhammad. Juga meneguhkan kembali kecintaan kepada panutan dan teladan umat Islam.

Yang terpenting, perayaan Maulid, bertujuan untuk melestarikan ajaran dan misi perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Tapi, apa sisi tersembunyi dari Rasulullah yang wajib diketahui umat Islam. Nah, berikut ini adalah 15 kisah Rasulullah yang mungkin belum Anda ketahui:

BACA JUGA:2 Jalan Tol yang akan Dibangun di Cirebon Raya, Bakal Tembus sampai Kuningan

1. Nama Muhammad SAW telah ada sebelum Nabi Adam AS diciptakan.

2. Rasulullah lahir di saat raja Habsyi (Ethiopia) menyerang Ka'bah dengan pasukan gajahnya. Itulah mengapa tahun kelahiran Rasulullah disebut dengan tahun gajah.

3. Abu Lahab sangat gembira atas kelahiran Rasulullah. Saking gembiranya, pamannya itu memerdekakan seorang budak bernama Tsuwaibah di hari kelahirannya. Meski ketika masa kenabian, Abu Lahab pulalah yang paling keras menentang dakwah Nabi. Bahkan hingga ia merencanakan hendak membunuh Nabi Muhammad.

4. Semasa kanak-kanak, Rasulullah telah menghadiri rapat-rapat para petinggi Quraish. Rasulullah diajak oleh kakeknya Abdul Muthalib yang merupakan seorang pemuka Quraish. Banyak sejarawan yang menilai, karena sudah menghadiri rapat-rapat penting sedari kecil, maka jiwa kepemimpinan beliau sudah berkembang sejak dini.

BACA JUGA:Jelang Lawan Persita, Target Persib Berubah

5. Semasa kecil menjelang remaja, Rasulullah menggembala kambing. Mengikuti jejak semua Nabi Allah yang pernah menjadi penggembala.

6. Semasa menggembala inilah dada Rasulullah dibelah oleh Jibril dan diambil organ hatinya. Jibril-pun lantas mencuci hati Nabi SAW dan membersihkannya dalam sebuah bejana dari emas yang di dalamnya terdapat air zamzam.

7. Semasa remaja Rasulullah pernah dilindungi awan, sehingga terlindung dari teriknya matahari. Ketika itu Nabi SAW pergi ke Syam, mengikuti kafilah dagang pamannya: Abu Thalib.

8. Sepupu Khadijah, Waraqah bin Naufal, mengetahui ciri-ciri kenabian Muhammad SAW melalui injil. Waraqah merupakan seorang imam Nestorian, salah satu sekte Nasrani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: