Ada 3 Alternatif Jalur jika Tol Tasikmalaya - Kuningan Terwujud, Semua Sama-sama Sulit

Ada 3 Alternatif Jalur jika Tol Tasikmalaya - Kuningan Terwujud, Semua Sama-sama Sulit

Jalan Tol Tasikmalaya Kuningan perlu dibangun untuk menghidupkan konektivitas wilayah Jawa Barat Selatan. Foto hanya ilustrasi.-BPJT-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Bqrat dan pemerintah pusat bakal membahas rencana jalan tol yang menghubungkan Tasikmalaya - Kuningan.

Rencana pembangunan jalan tol tersebut sebagai bagian dari pengembangan Jawa Barat Selatan. Termasuk kebijakan hilirisasi di kawasan tersebut.

Untuk membangun Jawa Barat Selatan, tidak bisa hanya mengandalkan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci).

Ternyata, pengembangan Jawa Barat Selatan, juga mencakup rencana pembangunan Tol Tasikmalaya-Kuningan. Jalur itu, nanti juga bisa menjadi penghubung jalan tol di utara dan di selatan Jabar.

BACA JUGA:2 Jalan Tol yang akan Dibangun di Cirebon Raya, Bakal Tembus sampai Kuningan

Pertanyaannya, rencana pembangunan Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan itu melaui rute mana? Sebab, kedua daerah itu memiliki kontur dataran tinggi, yang relatif sulit untuk pembangunan jalan tol.

Jika melalui jalur yang sudah ada, setidaknya ada 3 rute yang bisa menjadi alternatif pembangunan Jalan Tol Tasikmalaya-Kuningan. 

Ketiga alternatif tersebut mengacu kepada dua alasan. Pertama, jarak terdekat dan paling relatif lebih mudah. Kedua, melalui jalur yang sudah menjadi jalan penghubung kedua daerah tersebut.

Jika dua alasan tersebut yang menjadi dasar pertimbangan, maka ketiga alternatif jalur itu yang layak untuk dibangun Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan.

BACA JUGA:PASTI INDAH! Jalan Tol Kuningan Dibangun di Sepanjang Lereng Gunung Ciremai

Alternatif pertama, jalur Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka dan Kuningan via Kawali dan Panawangan. Jalur ini sekarang mejadi jalan utama yang menghubungkan Tasikmalaya dan Kuningan.

Kondisi jalan ini merupakan kontor pegunungan, walaupun tidak terlalu tinggi, berkelok dan relatif jauh. Tetapi jalur ini melalui beberapa tempat yang relatif ramai penduduknya. 

Alternatif kedua, jalur Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka dan Kuningan via Jahim. Jalur ini paling dekat. Sekarang menjadi jalur alternatif yang menghubungkan kedua daerah tersebut. Jalur tercepat Tasikmalaya - Kuningan.

Masalahnya, jalur alternatif tersebut tanjakkannya sangat tinggi, turunannya curam, walau tidak terlalu berkelok. Ada beberapa tempat yang relatif ramai, walau tidak seramai jalur yang via Kawali-Panawangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: