Ada Wacana ITB Kampus Cirebon Dipersiapkan Menjadi ITC, Benarkah?

Ada Wacana ITB Kampus Cirebon Dipersiapkan Menjadi ITC, Benarkah?

ITB Kampus Cirebon di Arjawinangun. -ITB-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ada wacana jika suatu ketika, kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Cirebon bakal mandiri. Bahkan bisa berubah nama menjadi Institut Teknologi Cirebon (ITC).

Wacana itu memang masuk akal, karena Pemprov Jawa Barat ingin memiliki kampus tangguh di beberapa daerah. Salah satunya adalah di Cirebon. 

Apalagi semua tahu, kampus ITB Cirebon  itu yang menyediakan lahannya adalah Pemprov Jawa Barat. Sehingga tidak terlalu sulit jika, kampus tersebut suatu ketika nanti berubah menjadi ITC.

Seperti diketahui, banyak calon mahasiswa yang tertarik ingin kuliah di ITB. Tapi mereka belum tahu perbedaan antara ketiga kampus yang dimiliki ITB tersebut.

BACA JUGA:Perbedaan Tiga Kampus ITB, Kuliah Maisntream di Ganesha, Aneh-Aneh di Jatinangor, di Cirebon Ada Apa ya?

Seperti diketahui, ITB itu multikampus. Memiliki 3 kampus. Ada Kampus ITB Ganesha, Jatinangor dan yang terbaru adalah Cirebon.

Para calon mahasiswa pun bertanya apa yang membedakan ke-3 kampus tersebut? Namun yang paling banyak adalah perbedaan kampus di Jatinangor dan Cirebon.

Ini ada uraian menarik dari Fahmi Widiarto. Lulusan S1 Arsitektur di ITB tahun 2020 itu menuturkan perbedaan kampus Jatinangor dan Cirebon.

Fahmi menulis dari perspektif bekas mahasiswa yang kuliahnya dari masuk sampai lulus di kampus Ganesha semua. Apa yang membedakan kampus Jatinangor dengan kampus Cirebon di ITB?

BACA JUGA:Kemenag Sudah 3 Kali Asesmen Ponpes Al Zaytun: Yaqut Cholil Qoumas: Harus Hati-hati

Menurutnya yang membedakan kedua kampus ini adalah tujuan pendiriannya. Yang ujungnya pada kegiatan kampus yang dilakukan di dalamnya.

1. Kampus ITB Jatinangor

Kampus ini lokasinya Jl Letjen Purn Dr (HC) Mashudi No 1 Sayang, Jatinangor, Kabulateb Sumedang. Kampus ini digunakan untuk kegiatan Tridharma yang butuh lahan besar, khususnya Ilmu Hayati dan Ilmu Bumi.

Dulunya, kampus ITB Jatinangor ini punya Universitas Winaya Mukti (Unwim). PTS ini milik Pemprov Jabar. Unwim dianggap PTS karena dikelola yayasan, bukan langsung sama Pemprov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: