Ribuan Mahasiswa Baru UGJ Ikuti PKKMB

Ribuan Mahasiswa Baru UGJ Ikuti PKKMB

PENGENALAN: Ribuan mahasiswa baru UGJ Cirebon mengikuti masa pengenalan kampus, Senin (9/10).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Suasana Gedung Grawidya Sabha Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon bergemuruh oleh sorak-sorai dua ribuan mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)/OKKAGATI 2023, Senin, (9/10).

Mereka mewakili total peserta PKKMB 2.560 orang, PKKMB, dimulai sejak pukul enam pagi, dengan mengenakan kemeja putih bawahan hitam, dipadu sepatu pantofel, dan nametag.

Mereka berbaris rapi menuju gedung seraya siap memulai perjalanan baru di dunia perkuliahan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pembina dan Pengawas Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ), ketua dan pengurus

YPSGJ, rektor, para wakil rektor, kepala lembaga/badan serta para fekan dan direktur Pascasarjana.
Salah satu peserta OKKAGATI 2023, Ahmad Ainul, mahasiswa baru Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mengaku senang bisa hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA:Marina Family Restaurant Cirebon, Hadir Sejak 1994

BACA JUGA:Ternyata Ada 2 Rencana Jalan Tol Kuningan, Ada Exit dari Tol Cipali Langsung ke Linggarjati

“Saya jadi tahu banyak hal tentang UGJ, seperti siapa saja para pimpinan-pimpinannya, apa saja program-programnya, dan bagaimana cara bergabung dengan UKM-UKM yang ada,” kata Ahmad Ainul.
Ahmad menambahkan, ia tidak mau melewatkan momen penting ini karena menilai, OKKAGATI hanya bisa dirasakan sekali seumur hidup.

“Dari awal kita berkenalan dengan pimpinan-pimpinan universitas, diberi materi oleh rektor UGJ, dan perkenalan singkat dari ormawa-ormawa dan UKM yang ada di UGJ,” tambahnya.

PKKMB merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan seluk-beluk kehidupan kampus, mulai dari visi dan misi universitas, fasilitas, hingga unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang menawarkan berbagai macam minat dan bakat untuk para mahasiswa dalam mengembangkan soft skill mereka.

Wakil Rektor III, Dr H Komarudin MPd mengatakan, kegiatan PKKMB 2023 dilaksanakan pada tanggal 9 – 12 Oktober 2023 dengan rincian agenda, pada 9 – 10 Oktober 2023 di tingkat universitas dan 11 – 12 Oktober 2023 di tingkat fakultas.

BACA JUGA:Ramalan Tahun 2024 Disebut Akhir Zaman, Banyak Bencana, Kelaparan dan Perang Dunia

BACA JUGA:Beli Rumah Hemat Sampai Rp3 juta di BTN Property Expo 2023, Ada di Cirebon

Lebih jauh Komarudin menjelaskan, kegiatan PKKMB dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor  0489/E.E2/DT.01.01/2023 perihal Panduan PKKMB tahun 2023
“PKKMB ini wajib dilakukan bagi para mahasiswa baru, baik di tingkat universitas maupun fakultas, dan nanti akan ada surat edaran perihal pengambilan sertifikat PKKMB 2023” ujar Komar.

Tujuan umum kegiatan ini, menurut Komar,  adalah pengenalan kepada mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Sesuai dengan arahan kementerian tentang pedoman PKKMB dan sejalan dengan visi dan misi, maka dari itu, PKKMB disusun dengan memberikan materi, antara lain, kehidupan berbangsa bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan Indonesia, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap intelektual, anti kekerasan seksual, anti perundungan, anti narkoba anti korupsi, kesadaran lingkungan hidup, serta manajemen dan kampus dehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: