India, Nama yang Pantas Jika Indonesia Ingin Ganti Nama, Bukan Nusantara?

India, Nama yang Pantas Jika Indonesia Ingin Ganti Nama, Bukan Nusantara?

Bukan Nusantara, tetapi India yang cocok bila Indonesia ingin ganti nama. Foto hanya ilustrasi.-Istimewa/tangkapan layar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Apa nama yang pantas jika negara Indonesia mengubah namanya? Ada yang mengusulkan nama Indonesia berubah menjadi India.

Pendapat tersebut disampaikan Ardan Irfan, sosok nasionalis dan penggiat media sosial. “Saya tidak bercanda,” katanya lebih cocok India ketimbang Nusantara.

Dijelaskannya, kalau negara India sendiri sudah berubah nama menjadi Bharat. Maka Indonesia juga berganti atau mengubah nama baru.

Dia mengusulkan, nama baru untuk Indonesia yang cocok adalah “India”. Dia pun memberi penjelasan mengapa mengklaim nama India menjadi nama baru Indonesia.

BACA JUGA:Kecamatan Beber Mulai Diguyur Hujan, Wilayah Lain Bagaimana?

Menurutnya, alasan utama karena sebelum Indonesia merdeka. Indonesia sendiri disebut dengan nama Dutch East Indies atau Hindia Belanda. 

Tetapi yang orang lupa sebenarnya Dutch East Indies itu arti sebenarnya adalah "Indianya Belanda". Sedangkan Indianya milik Inggris Raya disebut sebagai British East Indies atau British Raj. 

Kata "Hindia" dari "Hindia Belanda" sendiri sebenarnya hanya penyamaran. Tujuannya agar tidak sama dengan nama negara India yang dijajah oleh Britania Raya. 

Dijelaskannya, aslinya kita bukan "Hindia Belanda" tetapi "India Belanda". Yang di anak benua itu namanya "India Inggris". Yang di Filipina nama aslinya "India Spanyol". Yang di Indochina sana nama aslinya "India Prancis".

BACA JUGA:Pj Gubernur Jabar Naik Damri ke Bandara Kertajati, Yakinkan Warga Bandung: Sudah Paling Murah

Jadi Indonesia sangat berhak mengklaim nama "India". Apalagi kalau India yang asli telah mengklaim nama "Bharat" sebagai nama resmi negaranya. 

Dia juga mengusulkan, jika mau mengubah nama, lebih baik jangan terlalu eksplisit. Ada baiknya namanya menjadi "India Tenggara", "India Kepulauan", "India Selatan", "India Baru", dan sebagainya.

Lagipula, nama "Indonesia" sendiri yang diusung oleh JR Logan aslinya memiliki arti "India Kepulauan". Jadi orang-orang Eropa dulu percaya bahwa Indonesia yang sekarang kita tempati adalah India versi kepulauan (India Archipelago). 

Sedangkan India yang ada di anak benua sekarang dianggap sebagai "India Daratan" atau India Mainland. Malah dalam terjemahan bahasa Belanda sendiri India disebut sebagai Indië. Hindia Belanda disebut sebagai Nederlands-Indië.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: