Pesan Kemenkes ke Masyarakat Soal Pentingnya Merawat Kesehatan Mata

Pesan Kemenkes ke Masyarakat Soal Pentingnya Merawat Kesehatan Mata

Ilustrasi pemeriksaan dan perawatan kesehatan mata.-Paul Diaconu-Pixabay

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Organ mata sangatlah penting sebagai penunjang kehidupan manusia. Maka, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyerukan agar masyarakat dan pemangku kepentingan peduli terhadap kesehatan salah satu panca indra tersebut.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Eva Susanti agar para pekerja untuk lebih memperhatikan kesehatan mata.

"Diharapkan dengan momentum pada Hari Penglihatan Sedunia 12 Oktober nanti, maka makin ditingkatkan lagi promosi dan sosialisasi terkait pentingnya menjaga kesehatan penglihatan,” kata Eva dilansir dari Antara, Selasa 10 Oktober 2023.

Ia mengatakan kondisi gangguan penglihatan mata hampir dialami oleh satu miliar penduduk dunia, termasuk masyarakat di Indonesia, meski secara medis penyakit tersebut dapat dihindari maupun dicegah melalui pengobatan.

BACA JUGA:Promo Kartu Kredit BCA, Banyak Tawaran Yang Menarik Untuk Dicoba!

Namun, jumlah para penderita gangguan mata seperti katarak, refraksi atau glukoma diperkirakan justru makin meningkat, terutama para pekerja di lingkungan kerja formal maupun informal, salah satunya karena kurangnya perhatian pemilik perusahaan atas kondisi tempat kerja.

"Diperkirakan akan terus meningkat angkanya di kemudian hari. Meskipun kesehatan mata seringkali dihubungkan dengan SGDs, melalui goals ketiga yaitu kesehatan dan kesejahteraan yang baik, namun kesehatan mata berkaitan juga pada goals lainnya," kata Eva.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia yang produktif bekerja di sektor formal dan informal tercatat mencapai 138,63 juta orang hingga awal 2023. 

Para pekerja tersebut rentan mengalami penurunan produktivitas akibat gangguan penglihatan.

BACA JUGA:Menkominfo Budi Arie Beri Peringatan Keras Kepada Meta Indonesia Terkait Persoalan Ini

Oleh karena itu, Kemenkes terus mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk peduli terhadap isu yang berkaitan dengan mata.

Bagi masyarakat yang merasa mempunyai keluhan atau merasakan gejala gangguan penglihatan mata, Eva berharap pasien dapat segera memeriksakan matanya secara berkala, sekecil apapun gejala yang dirasakan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bagi para pekerja, ia juga menganjurkan pekerja untuk melindungi mata dengan pelindung mata atau pelindung diri guna meminimalisir potensi gangguan yang ada.

Saat ini, menurut dia, Kemenkes tidak hanya mendorong isu kesehatan mata di skala nasional, tetapi juga mengedukasi dan menyosialisasikan bahaya gangguan penglihatan melalui konten yang faktual dan menarik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: