Jalan Tol Getaci - Kuningan Menghubungkan Jawa Barat Utara dan Selatan

Jalan Tol Getaci - Kuningan Menghubungkan Jawa Barat Utara dan Selatan

Jalan Tol Getaci dan Kuningan akan menjadi penghubung Jawa Barat Utara dan Selatan. Foto hanya ilustrasi.-Istimewa-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Tol Getaci dan Kuningan yang akan terhubung nantinya akan menjadi akses antara Jawa Barat bagian utara dan selatan.

Saat ini, Jalan Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap sedang dalam tahap pembebasan lahan dan akan memasuki tahap konstruksi.

Perkembangan terbaru, proses pembebasan lahan Tol Getaci sudah sampai wilayah Kabupaten Garut bagian utara. 

Sedikitnya 37 desa yang berada di 7 kecamatan masuk dalam pembebasan lahan ini. Kemudian di wilayah Tasikmalaya terdapat 14 kelurahan yang terdampak pembangunan.

BACA JUGA:Leg Kedua Lawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia Harus Menang

Untuk Seksi Garut Utara ke Tasikmalaya ini, memiliki panjang jalan 50,32 kilometer. Sementara Jalan Tol Getaci secara keseluruhan memiliki panjang 206,65 kilometer.

Dimulai dari Simpang Susun Gedebage sampai dengan wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Menariknya, jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Kuningan - Tasikmalaya yang memiliki total panjang 86 kilometer.

Sehingga wilayah selatan Jawa Barat seperti Ciamis, Tasikmalaya hingga Pangandaran akan terhubung ke bagian utara seperti Kuningan dan Cirebon.

BACA JUGA:Progres Jalan Tol Getaci Sudah Pembukaan Lahan, Ujungnya Tersambung Tol Kuningan - Tasikmalaya

Mengutip perencanaan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), rencananya ruas ini akan dibangun dimulai dari Ciperna dan langsung ke arah barat. 

Sehingga ruas jalan ini akan membentang di wilayah lereng Gunung Ciremai dan melalui Kecamatan Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati dan seterusnya ke arah Cigadung. 

Untuk exit tol rencananya akan dibuat di sekitar Linggarjati dan Cigadung. Adapun rencana pembangunannya adalah di tahun 2030 sampai dengan 2034.

Diharapkan keberadaan akses ini dapat mempercepat perjalanan dari Cirebon dan daerah lainnya ke Kabupaten Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: