Digital Marketing bagi Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon; Pembinaan Wirausaha melalui Pengembangan Karakter

Digital Marketing bagi Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon; Pembinaan Wirausaha melalui Pengembangan Karakter

STMIK IKMI Cirebon menyelenggarakan pelatihan digital marketing di Aula Gedung Rektorat kampus setempat, Kamis (12/10).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - STMIK IKMI Cirebon menyelenggarakan pelatihan digital marketing di Aula Gedung Rektorat kampus setempat, Kamis (12/10). Dihadiri 63 mahasiswa yang telah memiliki usaha. Serta empat tim mahasiswa wirausaha yang berhasil memenangkan P2MW dari Kemendikbud.

Yakni dengan usaha kategori produksi atau budidaya yaitu astra guppy, kategori jasa dan perdagangan yaitu AirNet dan T13 pakan ikan hias berkualitas.

Serta kategori makanan dan minuman yaitu rice bowl ayam suwir IKIAE, dan diikuti oleh tim mahasiswa yang aktif di STMIK IKMI Cirebon yang telah memiliki usaha.

Kegiatan ini dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya mahasiswa yang mengikuti Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2023 di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

BACA JUGA:Dispusip Inventarisir Naskah Kuno

BACA JUGA:Bambang: Berdaulat Pangan Dimulai dari Keluarga

Pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Riset dan Kerjasama Dian Ade Kurnia melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha.

Untuk mendukung program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek, berkomitmen dalam penguatan perekonomian Indonesia dengan mencetak SDM wirausaha.

Sehingga STMIK IKMI Cirebon dan mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dian Ade menjelaskan, kegiatan ini untuk pembinaan kewirausahaan yang berbasis pada luaran Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

BACA JUGA:Panen di Indramayu, Jokowi Sebut Cadangan Pangan Nasional Cukup

BACA JUGA:Pertanda Dipermanenkan Persib? Anak Levy Madinda Sudah Sekolah di Bandung

Yaitu mengembangkan jejaring kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk menciptakan ekosistem yang kondusif untuk pengembangan kewirausahaan berbasis pada pengalaman (experiential learning).

Pengembangan dan pembinaan kewirausahaan mahasiswa STMIK IKMI Cirebon dengan melakukan pendampingan dan pelatihan usaha yaitu pelatihan digital marketing untuk memperkenalkan strategi pemasaran digital. Digital marketing untuk mendukung bisnis atau usaha yang dijalankan oleh mahasiswa.

"Pelatihan ini memberikan pemahaman penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan bisnis online yaitu e-commerce sebagai media penjualan secara online," ujar Dian.

Hadir narasumber dari startup Cirebondigital.com, adapun peserta pelatihan adalah dosen dan mahasiswa di STMIK IKMI Cirebon. Sebagai wujud program pembinaan mahasiswa wirausaha.

BACA JUGA:Ini Alasan Presiden Jokowi Ikut Panen di Indramayu, Terkait El Nino, Simak Kata-katanya

BACA JUGA:Jalan Tol Kuningan Terabas Area Konservasi dan Sumber Air, Bupati Kuningan Usul Lokasi Baru

Pembimbing dan Dosen IKMI Cirebon, Ade Irma Purnamasari MKom menuturkan, pelatihan digital marketing merupakan bagian dari kegiatan kemahasiswaan. Bertujuan untuk pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter ‘creative technopreneur.'

Yakni meliputi pengembangan kepemimpinan kolaboratif (collaborative leadership), creative problem solving, innovative execution berbasis teknologi, dan keberanian mengambil risiko yang terukur, dan bermanfaat membantu peningkatan kapasitas perguruan tinggi dalam pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter.

"Pelatihan digital marketing ini bertujuan untuk menginspirasi para peserta untuk memasarkan produknya secara online dengan menggunakan konten promosi yang menarik dan teknik optimalisasi penggunaan layanan promosi berbayar," jelas Ade.

Acara tersebut dilanjutkan dengan diseminasi kegiatan akhir program P2MW. Yaitu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok usaha, dosen, dan mahasiswa agar memperoleh informasi, menerima, dan akhirnya memanfaatkan kegiatan kewirausahaan.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tiba di Indramayu, Langsung Turun ke Sawah Lihat Petani Panen

BACA JUGA:Presiden Jokowi Hari Ini Panen Raya di Indramayu, Bupati Nina Malam-malam Ngecek Sawah

Kegiatan ini juga meliputi memperkenalkan produk wirausaha, kegiatan program legalitas produk, pelatihan dan pendampingan kelompok usaha, program kemitraan pasar produk dalam upaya pengembangan kerjasama komersialisasi produk-produk dan yang dihasilkan oleh kelompok usaha mahasiwa.

"P2MW ini dapat terlaksana atas dukungan dan bantuan pendanaan dari pemerintah melalui program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek," pungkas Ade Irma. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: