Gunung Nawa Cipanas Dukupuntang Kembali Terbakar, BPBD Kabupaten Cirebon Siaga

Gunung Nawa Cipanas Dukupuntang Kembali Terbakar, BPBD Kabupaten Cirebon Siaga

Petugas BPBD Kabupaten Cirebon memantau kebakaran lahan di Gunung Nawa, Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, tadi malam Senin 16 Oktober 2023.-BPBD Kabupaten Cirebon.-

CIREBON, RADARCIREBON.COMKebakaran lahan di wilayah kawasan Gunung Nawa, Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon pada Senin 16 Oktober 2023 malam kembali terjadi.

Kobaran api disertai kepulan asap kembali terlihat oleh warga sekitar pukul 19.00 WIB. Tanpa pikir panjang, mandor Desa Cipanas pun menyampaikan laporan ke tim BPBD Kabupaten Cirebon.

“BPBD melakukan pemantauan titik api dari pemukiman warga sekitar,” tulis keterangan resmi BPBD Kabupaten Cirebon dalam pesan yang diterima radarcirebon.com, Senin 16 Oktober 2023 tadi malam.

Karena kondisi faktor cuaca di musim kemarau dan angin cukup kencang, api terus berkobar dengan membakar rumput dan alang-alang kering. 

“Total lahan yang terbakar kurang lebih 2 hektare,” kata BPBD Kabupaten Cirebon.

Untuk menekan laju kobaran api, BPBD Kabupaten Cirebon pun langsung bergerak dan melakukan korrdinasi dengan masyarakat setempat, polisi hutan dan para pihak terkait lainnya.

Kendati demikian, sekitar pukul 22.30 Senin 16 Oktober 2023 tadi malam, kobaran api masih berlangsung, karena sulitnya akses untuk padamkan api.

Oleh karena itu, BPBD Kabupaten Cirebon terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan warga apabila situasi mulai panas.

Sebelumnya, kebakaran lahan terjadi di Gunung Nawa, Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon pada Jumat 13 Oktober 2023 lalu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase