SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Ajarkan Demokrasi

SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Ajarkan Demokrasi

ANTUSIAS: Siswa-siswi terlihat antusias menggunakan hak suaranya pada Pemilu OSIS yang digelar Jumat (20/10).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Pesta demokrasi secara damai, jujur dan adil ditunjukkan SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Hal ini ditunjukkan saat Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua OSIS periode 2023-2024 yang digelar Jumat (20/10), di halaman  sekolah. 

Dalam pesta demokrasi tingkat sekolah ini, siswa menggunakan hak suaranya dengan sistem e-vote. Siswa diberikan password oleh panitia. Selanjutnya siswa masuk ke bilik suara, lalu memasukkan password yang sudah diberikan. Setelah itu muncul di monitor laptop foto-foto kandidat ketua OSIS. Siswa memilih salah satu kandidat.

Kemeriahan terlihat siswa yang menjagokan kandidatnya masing-masing, tapi tidak sampai menganggu proses pemilihan. Tercatat, pemilu OSIS ini diikuti  5 calon ketua. Kelima calon ketua OSIS adalah Najwa Azzahra, Rey Rizki Aisy, M Malik Ibrahim, Azzahra Nabila, Zaskia Nessa Putri.  

Kepala SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon,   Dian Pratiwi SPd mengatakan, pemilu OSIS ini integrasi dari Kurikulum P5. Sebelumnya kelima kandidat ikut penyampaian visi misi dan debat kandidat. Pemilu OSIS ini, kata Dian Pratiwi, bagian dari proses pembelajaran memilih yang terbaik dari yang baik. "Yang terpilih belajar tanggung jawab dan amanah," kata Dian.

BACA JUGA:Kapokmu Kapan? Polres Cirebon Kota Tindak Pengendara Motor Lawan Arah di Fly Over Pegambiran dan Jl Cipto

BACA JUGA:Liburan Jangan Lupa Bawa Buah Tangan!, Ini Dia Aneka Oleh-Oleh Khas Kota Cirebon Yang Populer

Pengawas Pendidikan, Hj N Yuyun Rohayani SPd MM mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS ini implementasi P5, yakni pembelajaran berbasis project. Melalui pemilihan ini belajar juga akhlak bernegara, berdemokrasi.

Yang kalah jangan berkecil hati, yang menang mesti amanah dan bertanggung jawab. "Ada perguruan tinggi yang menerima siswa dari jalur ketua OSIS. Jadi, ketua OSIS bisa masuk ke perguruan tinggi seperti IPB," ujarnya.

Hasil pemilu ini, Muhammad Malik Ibrahim berhasil meraih suara terbanyak 52.41%. Disusul Zaskiya Nessa Putri meraih 24.12% suara, Rey Rizqy Aisy meraih 9.65%, Nadjwa Azzahra meraih 9.00%, serta Azzahra Nabila Luthfianti meraih 4.82%. (abd/adv)

BACA JUGA:SD Peradaban Global Quran Serahkan Donasi Untuk Palestina Melalui Rumah Zakat

BACA JUGA:Bangun Rumah Budget Rp 50 Juta Bisa?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: