Rencana Rest Area Tol Cisumdawu, Dibangun Dekat Jembatan Terpanjang, Pemandangan 2 Gunung

Rencana Rest Area Tol Cisumdawu, Dibangun Dekat Jembatan Terpanjang, Pemandangan 2 Gunung

Rencana rest area Tol Cisumdawu yang dibangun dekat Jembatan Kedondong Kabupaten Sumedang. -Ist via Rochamedia-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Rencana rest area Tol Cisumdawu mulai terlihat realisasinya karena sudah masuk dalam tahap konstruksi di sekitar Km 205.

Dari beberapa gambar rencana rest area Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, terlihat nantinya tempat istirahat dan pelayanan (TIP) akan dilengkapi dengan jembatan penyeberangan orang (JPO) berbentuk angka 8.

Sisi menarik lainnya adalah pemilihan lokasi. Sebab, berada diantara 2 jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu yakni Jembatan Kedondong dan Jembatan Conggeang. 

Bila pengendara melintas dari arah Cirebon, untuk menjangkau rest area ini relatif tidak jauh. Karena berjarak kurang dari 10 kilometer dari Gerbang Tol Cisumdawu Utama.

BACA JUGA:Rest Area Tol Cisumdawu Km Berapa, Dekat Jembatan Kedondong

Aktivitas konstruksi di area ini masih berlangsung. Terlihat dari pantauan visual, sejumlah alat berat dikerahkan untuk melakukan pembentukan lahan baik di sisi kanan maupun kiri. 

Rencana awal pembangunan rest area ini akan selesai pada akhir 2023. Namun, berdasarkan perkembangan terbaru, kemungkinan mundur sampai pertengahan 2024.

Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka mengungkapkan, rest area ini nantinya akan menjadi yang terbaik dan terindah di Indonesia.

Sebab, pembangunan rest area ini menggunakan konsep terasering dan berada di dataran tinggi. Sehingga pengunjung nantinya bisa menyaksikan pemandangan 2 gunung yang menjadi ikon dari Jawa Barat.

BACA JUGA:Penampakan Terbaru Rest Area Jalan Tol Cisumdawu, Kapan Selesai Dibangun?

"Dari situ nanti bisa melihat Gunung Ciremai dan Gunung Tampomas," kata Jusuf Hamka menggambarkan keindahan pemandangan di lokasi tersebut, belum lama ini.

Jalan Tol Cisumdawu memang disebut sebagai salah satu jalan tol terindah di Indonesia, karena memiliki pemandangan dataran tinggi Kabupaten Sumedang.

Akses tol ini juga memiliki terowongan kembar ikonik dan pertama dibangun di jalan tol yang ada di Indonesia.

Babah Alun -sapaan akrab Jusuf Hamka- menegaskan bahwa nantinya rest area tersebut akan menjadi ikon baru bagi Tol Cisumdawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: