Cara Menjadi TKI di Luar Negeri, Simak Syarat Penting Ini, Jangan Terjebak yang Ilegal

Cara Menjadi TKI di Luar Negeri, Simak Syarat Penting Ini, Jangan Terjebak yang Ilegal

Cara menjadi TKI di luar negeri lewat jalur yang legal.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Cara menjadi TKI di luar negeri yang resmi dan tidak berisiko, simak syarat penting berikut ini.

Saat ini, kesadaran Pencari kerja (Pencaker) yang ingin berangkat sebagai pekerja migran Indonesia (PMI) semakin meningkat.

Mereka yang ingin bekerja di luar negeri banyak yang lebih dahulu mendatangi kantor dinas tenaga kerja (Disnaker).

Ini dibuktikan dengan sejumlah pencaker yang ingin bekerja di luar negeri berdatangan membawa berkas dokumen yang dipersyaratkan.

BACA JUGA:Terkuak! Ternyata Segini Gaji TKI Pelayan Restoran Di Brunei Darrusalam, Jumlahnya Bikin Tertarik

Misalnya saat radarcirebon.com berkunjune ke kantor Disnaker Kota Cirebon terlihat dua orang calon PMI datang sambil membawa berkas dokumen.

Satu orang berencana bekerja ke Brunei Darussalam sebagai supervisor restoran dan satunya lagi berangkat ke Korea Selatan.

Leo Heriyanto (27) warga Kecamatan Pekalipan mengaku dirinya datang, karena hendak berangkat ke Brunei Darussalam untuk bekerja sebagai supervisor restoran.

Apalagi sebelumnya, pernah bekerja di Brunei Darussalam tahun 2019-2021, dan tahun ini mau berangkat lagi dengan profesi yang sama.

BACA JUGA:Jenis Pekerjaan TKI di Brunei Darussalam, Gaji Menggiurkan

Dia menceritakan, kembali berangkat ke Brunei Darussalam karena head chef di salah satu restoran memintanya untuk bergabung dan ditempatkan senagai supervisor restoran.

"Chef-nya minta say bergabung dalam timnya di restoran di Brunei," ujar Leo, kepada radarcirebon.com, Jumat, 27, Oktober 2023.

Menurut Leo, Brunei Darussalam adalah destinasi yang menarik untuk bekerja. Padahal, awalnya dirinya hendak bekerja ke Slovakia.

"Awalnya mau berangkat ke Slovakia tapi karena kurang informasi dari agency akhirnya batal dan memilih Brunei karena chefnya mengajak saya untuk bergabung dalam timnya menjadi supervisor restoran disana (Brunei)," ujar Leo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: