Pemuda Desa Pabuaran Kidul dan Komunitas Punk Cirebon, Santuni 150 Warga

Pemuda Desa Pabuaran Kidul dan Komunitas Punk Cirebon, Santuni 150 Warga

Pemuda Desa Pabuaran Kidul, Kabupaten Cirebon bersama Komunitas Punk Cirebon menggelar bhakti sosial memberikan santunan kepada warga.-Ist-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Banyak cara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Di Desa Pabuaran Kidul, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, dilakukan bakti sosial untuk memperingati hari bersejarah tersebut.

Kalangan Pemuda yang ada di Desa Pabuaran Kidul, melakukan bhakti sosial dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Bekerjasama dengan Komunitas Punk Cirebon, pemberian santunan dilaksanakan di salah satu rumah pengurus di Desa Pabuaran Kidul, Sabtu 28 Oktober 2023.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Sugiyana mengatakan, pemberian bantuan kepada anak yatim dan dhuafa, sebagai bentuk kepedulian Pemuda terhadap lingkungan.

BACA JUGA:Inilah Tarif Penerbangan Langsung dari Bandara Kertajati ke Ngurah Rai Bali, Mulai Rp600 Ribuan

Adapun kegiatan pemberian santunan tersebut, sebagai implementasi kepedulian pemuda untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

"Kegiatan seperti ini kami adakan tiap tahunnya untuk masyarakat yang berhak dan membutuhkan,"  kata Sugiyana, Sabtu 28 Oktober 2023.

Dalam kegiatan tersebut, dirinya sengaja menggandeng Komunitas Punk Cirebon, untuk melakukan aksi positif dalam kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan ini juga kami adakan untuk menghapus kesan negatif tentang Komunitas Punk yang berkembang," tambah Sugiyana.

BACA JUGA:Waduh! Lakukan Manuver Politik Jelang Pilpres 2024, PDI Perjuangan Sebut Gibran Pembangkang

Selain itu, sebut Sugiyana, dengan melakukan kegiatan yang bersifat sosial, bisa menumbuhkan rasa toleransi dan kepedulian terhadap lingkungan.

"Menimbulkan rasa kepedulian kepada sesama di kalangan masyarakat pada umumnya," tegasnya.

Lebih lanjut, sebagian besar dana santunan yang diberikan, berasal dari donasi dan penjualan kaos yang dikumpulkan oleh panitia.

Selain itu, beberapa donatur juga terlibat ikut berpartisipasi demi kelancaran acara tersebut.

BACA JUGA:Momentum Hari Sumpah Pemuda, Pemprov Jabar Ingin Tingkatkan Pembangunan Kepemudaan

"Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk semua pihak dan para donatur yang telah berpartisipasi dan membantu hingga terlaksananya kegiatan santunan ini," jelasnya.

Diharapkan Sugiyana, meskipun bantuan yang diberikan jauh dari kata memuaskan, namun bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Semoga santunan ini bisa bermanfaat dan berkah untuk kita semua," harapnya.

Pemberian santunan ini, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemuda Desa Pabuaran Kidul setiap memperingati Hari Sumpah Pemuda.

BACA JUGA:Mesin Perahu Mati, Wartawan dan Lurah Kesenden Terombang Ambing di Tengah Laut

Untuk tahun ini, merupakan kegiatan yang tahun keempat yang dilaksanakan bareng Komunitas Punk Cirebon.

Adapun bantuan yang diberikan, berupa uang tunai yang dibagikan kepada 150 orang, terdiri dari anak yatim dan dhuafa.

Adanya keutamaan menyantuni anak yatim, sambung Sugiyana, dijanjikan Allah dalam surat al-Baqarah ayat 261, yang berbunyi:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya:

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui". *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: