Hati-Hati Bisa Tertular! Ternyata Begini Cara Penyebaran Virus Cacar Monyet

Hati-Hati Bisa Tertular! Ternyata Begini Cara Penyebaran Virus Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet -Pixabay-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Penyebaran virus Cacar Monyet selain ditularkan dari hewan ke manusia, bisa juga penyebaran ini terjadi antara manusia dengan manusia, maka dari itu hal ini perlu diperhatikan dan lebih berhati-hati dengan mengetahui bagaimana cara penyebaran virus Cacar Monyet ini terjadi.

Cacar monyet, disebabkan oleh Monkeypox virus (MPXV), termasuk dalam genus Orthopoxvirus, yang merupakan bagian dari keluarga Poxviridae, mirip dengan virus penyebab smallpox.

Penularan penyakit ini terjadi melalui binatang (zoonosis), namun gejalanya cenderung lebih ringan.

Di Indonesia, pada 20 Agustus 2022, dilaporkan kasus cacar monyet, dan pada 13 Oktober 2023, pemerintah kembali melaporkan kasus cacar monyet.

BACA JUGA:Kemenag Punya Program Gerakan Keluarga Maslahat, Apakah Itu?

BACA JUGA:Sampai Dimana Proses Naturalisasi Justin Hubner?

Menurut data yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada konferensi pers pada 26 Oktober 2023, telah terkonfirmasi sebanyak 14 kasus cacar monyet di Indonesia hingga tanggal tersebut.

Dari 14 kasus konfirmasi ini, sekitar 64 persen di antaranya berusia 25-29 tahun, sementara sisanya berusia 30-39 tahun. Selain kasus terkonfirmasi, terdapat dua kasus probable yang mengalami gejala dan memiliki kontak dengan pengidap cacar monyet, namun saat ini sudah sembuh.

Selanjutnya, ada sembilan kasus suspek yang telah menjalani pengambilan uji sampel, dan saat ini menunggu hasil pemeriksaan.

Secara global, dari 21 Januari 2022 hingga 30 September 2023, dilaporkan sebanyak 91.123 kasus cacar monyet.

BACA JUGA:Waspada! Bakteri Salmonella Terdapat dalam Telur, Bisa Berbahaya Jika Cara Memasaknya Tidak Benar

BACA JUGA:Dunia Harus Bertanggungjawab, Butuh Uang Segini untuk Pulihkan Palestina dari Serangan Israel

Virus monkeypox menyebar melalui hewan yang sudah terinfeksi, terutama monyet dan hewan pengerat (rodent). Sebagian besar penularan cacar monyet juga terjadi melalui kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan individu yang memiliki lesi akibat virus.

Masa inkubasi virus monkeypox, yaitu periode dari infeksi hingga munculnya gejala, biasanya berkisar antara 6-16 hari, meskipun bisa memakan waktu 5-21 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: