KEREN, Siswa SMKN 1 Jamblang Pilih Ketua OSIS secara E-Voting

KEREN, Siswa SMKN 1 Jamblang Pilih Ketua OSIS secara E-Voting

Siswa-siswi SMK Negeri 1 Jamblang mengikuti pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS berbasis E-voting, Jumat (3/11/2023).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pelajar.

Pada umumnya pemilihan ketua OSIS menggunakan kertas, tetapi berbeda di SMK Negeri 1 Jamblang, Kabupaten Cirebon. Di sekolah ini, pelaksanaan pemilihan ketua OSIS menggunakan sistem Aplikasi E-voting berbasis Komputer, Jumat  (3/11/2023).

Dalam pesta demokrasi di kalangan pelajar SMK Negeri 1 Jamblang ini terdapat beberapa pasangan calon ketua OSIS. Mereka adalah, pasangan calon nomor urut 1 yakni Rubhi Na'zma kelas XI TJKT 1 dan Galuh Saputra kelas X DPIB 3.

Kemudian pasangan calon nomor urut 2 yaitu Aliska Maifrinilia Utari kelas XI DPIB 2 dan Nur Raisyah Azzahroh kelas X TJKT 1. Selanjutnya ada pasangan calon nomor urut 3 adalah Ade Suhendra kelas XI TE 3 dan Nurul Fujiati kelas X AKL 1.

BACA JUGA:Abdillah Onim dan Keluarganya Berhasil Dievakuasi dari Gaza: Alhamdulillah Sudah Tiba di KBRI Kairo

BACA JUGA:Kemenag Punya Program Gerakan Keluarga Maslahat, Apakah Itu?

Dari hasi proses pemilihan melalu E-voting tersebut, pasangan calon nomor 1 menjadi pemenangnya yang meraih suara 1716 (76%), pasangan calon nomor 2 meraih suara 251 (11%), dan pasangan calon nomor 3 meraih suara 305 (13%). Adapun jumlah total suara yang masuk sebanyak 2272 suara.

Seta Caraka selaku Ketua KPO (Komisi Pemilihan OSIS) kepada radarcirebon.com mengatakan, pemilih ketua OSIS dengan sistem E-voting ini bertujuan untuk melatih siswa-siswa dalam berdemokrasi.

"Pemilihan ketua OSIS berbasis E-voting di SMK Negeri 1 Jamblang ini sudah diterapkan sejak tahun 2019 hingga sekarang. Dengan cara pemilihan tersebut, memudahkan pengambilan dan penghitungan suara serta  mengefektifkan waktu pemilihan. engan berbasis E-voting juga menghindari terjadinya golput di dalam pemilihan,"katanya, Jumat  (3/11/2023).

Menurut Seta, seluruh warga sekolah di SMK Negeri 1 Jamblang sangat antusias mengikuti pemilihan calon ketua osis dan wakil ketua OSIS tersebut.

BACA JUGA:Sampai Dimana Proses Naturalisasi Justin Hubner?

BACA JUGA:Waspada! Bakteri Salmonella Terdapat dalam Telur, Bisa Berbahaya Jika Cara Memasaknya Tidak Benar

"Kegiatan ini diikuti oleh para guru, komite sekolah serta siswa siswi SMK Negeri 1 Jamblang. Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses. Saya mengucapkan selamat kepada pasangan yang terpilih,"ujarnya.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Christana,S.ST.Par.MM, Kepala SMK Negeri 1 Jamblang menuturkan, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS adalah miniatur pemilu yang diselenggarakan di sekolah sebagai pembelajaran menghadapi pemilu yang sebenarnya.

"Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini untuk melatih siswa-siswi dalam berdemokrasi, kemudian kenapa dengan metode e-voting? karena masa sekarang semua sudah menerapkan digitalisasi, jadi hasil lebih cepat serta akurat. Kemudian juga pemilihan dengan sistem E-voting sangat ini lebih memudahkan para pemilih dalam menentukan pilihannya,"tuturnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: