FPS Gelar Sumpah Guru Lulusan PPG Daljab

FPS Gelar Sumpah Guru Lulusan PPG Daljab

FPS Gelar Sumpah Guru Lulusan PPG Daljab-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar sumpah guru lulusan pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan (Daljab), Jumat (3/11).

Bertempat di Hotel Santika diikuti 152 guru. Ketua Prodi PPG UGJ Cirebon,  DR Dede Mascita MPd, menjelaskan, PPG Prajabatan ditujukan  bagi lulusan S1 kependidikan dan nonkependidikan dan belum terdaftar sebagai Guru/Kepala sekolah di Dapodik.

"Sedangkan PPG Dalam Jabatan  adalah  untuk guru yang sudah dalam jabatan, yang sudah mengajar, memiliki gelar S1/D4, terdaftar di Dapodik dan belum memiliki sertifikat pendidik,"kata Dede.

Menurut Dede, Kegiatan hari ini adalah Sumpah guru lulusan PPG Dalam Jabatan kategori 1 gelombang 2 tahun 2022, diikuti sebanyak  152 orang guru yang telah lulus dan siap menerima sertifikat pendidik pada keahlian Bidang studi Bahasa Indonesia dan Bidang Studi Ekonomi.

BACA JUGA:Reka Ulang 20 Adegan, Selebgram Semarang Buang Bayi di Bandara Terancam 15 Tahun Penjara

BACA JUGA:Casemiro Cidera Lagi, Kabar Buruk Buat Fans MU

Pihaknya membeberkan guru yang telah lulus dari Banten sebanyak 1 orang, DKI Jakarta 1 orang, Jawa Barat 125 orang, Jawa Tengah 4 orang, Jawa Timur 3 orang, Sumatera Utara 7 orang, Kalimantan Barat 1 orang, Kalimantan Tengah 1 orang, Kalimantan Utara 1 orang, Kalimantan Selatan 3 orang, Sulawesi Selatan 2 orang, Nusa Tenggara Timur 3 orang.

Dede menerangkan, Proses Pelaksanaan PPG Perkuliahan mulai dari Oktober 2022- Februari 2023. Tentu saja, mereka melalui proses tahapan mulai dari Seleksi melalui SIMPKB, Penetapan Peserta PPG oleh Kemendikbud, Lapor Diri ke Universitas Swadaya Gunung Jati, Penetapan Mahasiswa PPG Dalam Jabatan melalui SK Rektor UGJ, Mahasiswa Belajar Mandiri, Orientasi Akademik di UGJ, Perkuliahan Pendalaman Mater, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Ujian Komprehensif, PPL di sekolah sendiri, Ujian Kinerja (UKin) dan Ujian Pengetahuan.

Dekan Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS), DR Endang Herawan MM mengatakan, sumpah guru lulusan PPG dalam jabatan ini digelar Bagi guru angkatan tahun 2022. Menurut Endang, Pendidikan profesi guru ini dilaksanakan secara Hybrid.

Dirinya mengapresiasi Bahwasannya sampai hari ini UGJ masih diberikan  kepercayaan mengelola PPG. "Saat ini sebanyak  400 mahasiswa PPG," kata Endang. untuk mencapai ini, menurut Endang, tentu saja  tidak mudah karena butuh proses mulai administrasi hingga ujian-ujian yang harus dilalui.

BACA JUGA:Hati-Hati Bisa Tertular! Ternyata Begini Cara Penyebaran Virus Cacar Monyet

BACA JUGA:Fans MU Siap-siap Masuk Goa Lagi, Tandang ke Fulham, 2 Pemain Cidera

Pihaknya Berharap pemerintahan siapapun presidennya akan  berpihak kepada guru. "Alhamdulillah Sampai hari ini FPS UGJ sebagai universitas terbaik ketiga untuk penyelenggaraan kegiatan ini (PPG)," pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: