Begini Langkah-langkah Cara untuk Mencegah Supaya Tidak Terkena Penyakit Cacar Monyet

Begini Langkah-langkah Cara untuk Mencegah Supaya Tidak Terkena Penyakit Cacar Monyet

Waspada Cacar Monyet ! Cara Mencegah Dan Pengobatan-Capture-Gelora News

RADARCIREBON.COM – Lonjakan kenaikan orang yang terkena cacar monyet akhir-akhir ini terbilang tinggi di seluruh dunia, untuk mencegah supaya tidak terkena cacar monyet ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Lalu apa saja langkah-langkah untuk mencegah terkenanya cacar monyet?

Cacar monyet (mongkeypox) telah ditetapkan  sebagai darurat Kesehatan global oleh WHO pada Bulan Juli 2022 karena telah diterdeteksi di lebih dari 70 negara dengan jumlah kasus cacar monyet yang mencapai sebanyak belasan ribu.

Kasus penyakit Cacar Monyet di Indonesia memang belum ditemukan. Tetapi, tak ada salahnya untuk masyarakat Indonesia harus tetap wapada dan  berhati-hati pada penyakit Cacar Monyet ini, untuk menghindari penularan dan penyebarannya.

Penularan virus Cacar Monyet ini ditularkan oleh hewan yang sudah terinfeksi, terutama monyet dan hewan pengerat (rodent). Selain itu, sebagian besar cacar monyet juga ditularkan melalui kontak kulit ke kulit yang dekat dengan orang-orang yang memiliki lesi akibat virus.

BACA JUGA:Reka Ulang 20 Adegan, Selebgram Semarang Buang Bayi di Bandara Terancam 15 Tahun Penjara

BACA JUGA:Alasan Semangka Jadi Simbol Perlawanan Palestina, Oh Ternyata

Infeksi virus ini ditandai dengan minculnya binti-bintil bernanah di kulit. Bintil bernanah ini merupakan bintil yang berisi air yang telah berubah seiring dengan berkembangnya penyakit cacar monyet ini. Kemudian binti bernanag tersebut dapat menimbulkan benjolan di leher, ketiak hingga seluruh badan.

Biasanya dalam mengdiagnosis cacar monyet, dokter akan memeriksa gejala dan jenis ruam yang muncul pada tahap awal pemeriksaan hingga bertanya apakah pasien memiliki Riwayat berpergian dari negara tertentu dengan kasus cacar monyet.

Karena tidak selamanya ruam adalah tanda dari penyakit cacar monyet. Untuk pemeriksaan selanjutnya, dokter baru akan melihat virus apa yang ada di dalam tubuh pasien melalui tes  darah, tes usap tenggorokan hingga biopsi kulit.

Untuk mencegah terkena penyakit cacar monyet, terdapat dua jenis pencegahan yang dapat dilakukan yaitu, pertama pencegahan seperti menghindari kontak langsung dengan hewan primata atau pengerat, seperti  monyet, tupai, dan tikus, serta orang-orang yang sedang terimfeksi cacar monyet.

BACA JUGA:Casemiro Cidera Lagi, Kabar Buruk Buat Fans MU

BACA JUGA:Hati-Hati Bisa Tertular! Ternyata Begini Cara Penyebaran Virus Cacar Monyet

Lalu, pencegahan kedua adalah dengan pencegahan pendukung yang meliputi:

1.Rajin mencuci tangan dengan sabun terutama sebelum memasak, makan, serta sebelum menyentuh area wajah dan luka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: