Empat WNI BerhasiL Evakuasi dari Gaza ke Kairo

Empat WNI  BerhasiL  Evakuasi dari Gaza ke Kairo

Menlu Retno Marsudi--

RADARCIREBON.COM - Dilaporkan bahwa pemerintah telah berhasil mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Gaza ke Kairo Mesir.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan bahwa pemerintah berhasil mengevakuasi empat warga negara Indonesia (WNI) dari jalur Gaza ke Kairo, Mesir.

Keempat WNI tersebut adalah Abdillah Onim beserta 3 anak, dan istri yang merupakan warga negara Palestina.

Alhamdullillah , puji syukur, pada tanggal 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 3 November WIB, 4 WNI dan 1 istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah,” ujar Retno dalam pernyataan persnya, dilansir dari setkab .go.id, Minggu, 5 November 2023.

BACA JUGA: Aksi Damai Bela Palestina Telah Dimulai, Inilah Sederet Tokoh yang Hadir di Monas

BACA JUGA: Aksi Bela Palestina di Monas, Massa Menyemut, Teriakan Merdeka Palestina

Para WNI tersebut beserta tim evakuasi tiba di Kairo sekitar pukul 03.00 dini hari waktu setempat, dengan perjalanan sejauh 367 kilometer dari Rafah ke Kairo.

Menlu mengatakan, evakuasi 4 WNI dan 1 istri WNI ini bukan hal yang mudah.

“Pada tanggal 1 November, WNI sudah berusaha menuju Rafah, namun harus kembali karena situasi sangat tidak kondusif. Sepanjang jalan terjadi serangan-serangan. Mengingat situasi yang sangat tidak kondusif ini, maka kami bersepakat agar WNI kembali ke rumah mereka di Gaza Utara,” ungkapnya.

Pada tanggal 2 November upaya evakuasi kembali dilakukan namun kembali gagal karena situasi tidak memungkinkan. Retno menegaskan, keselamatan para WNI adalah prioritas dalam upaya evakuasi ini.

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia, Total 5 Laga di Bulan November 2023

BACA JUGA: Sejumlah Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Kuningan, Tidak Ada Korban Jiwa

“Untuk ketiga kalinya, di tanggal 2 November siang hari, diminta mencoba kembali, dan alhamdullillah berhasil. Empat WNI dan 1 istri WNI sudah berhasil dievakuasi,” ujarnya.

Selain situasi keamanan, kata Menlu, jaringan komunikasi yang on dan off semakin menyulitkan koordinasi dalam proses evakuasi.

“Sambungan komunikasi kadang bisa dimanfaatkan dan kadang dalam waktu lama tidak bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Namun pemerintah terus berusaha hingga berhasil menyelamatkan 4 WNI dan 1 istri WNI dari Gaza ke Kairo. Menlu mengatakan, menunda terus melakukan komunikasi dengan WNI yang berhasil dievakuasi tersebut.

BACA JUGA: Setelah Kasus Dugaan Penistaan ​​Agama dan TPPU, Panji Gumilang Terseret Kasus Baru

BACA JUGA: Ketua KPU RI: Putusan MK Mantan Narapidana Boleh Ikut Pesta Demokrasi 2024

Assalamu'alaikum , Ibu. Terima kasih alhamdulillah Bang Onim dan anak istri sudah bersama teman-teman KBRI Kairo. Sekarang sedang dalam perjalanan di Kedutaan. Terima kasih ibu. Terima kasih alhamdulillah atas kerja samanya,” demikian pesan suara Onim, WNI yang berhasil dievakuasi, kepada Menlu.

Setelah berhasil mengevakuasi empat WNI, pemerintah juga terus berupaya untuk dapat mengevakuasi satu keluarga WNI lainnya yang terdiri dari 3 WNI dan 1 istri WNI yang merupakan warga negara Palestina. Menlu menegaskan, pemerintah akan terus berupaya menciptakan koridor aman untuk mengevakuasi para WNI tersebut.

“Kita berusaha menggunakan semua networking kita untuk membantu proses [evakuasi] yang rumit ini. Kami terus berkomunikasi dengan keluarga WNI yang hari ini akan kami coba lagi untuk kami evakuasi keluar dari Gaza,” tandas Menlu. 





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: