Seribu Lebih Santri Cirebon Ikuti Kirab HSN

Seribu Lebih Santri Cirebon Ikuti Kirab HSN

KIRAB SANTRI. Seribu lebih santri mengikuti kirab santri dalam rangka peringatan HSN tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2023.-Samsul Huda-radarcirebon

SUMBER, RADARCIREBON.COM - Seribu lebih santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Cirebon, mengikuti kirab Hari Santri Nasional (HSN) 2023, kemarin. Jumlah tersebut terdiri dari 50 kelompok setiap Ponpes. 

Kirab yang diselenggarakan PCNU Kabupaten Cirebon, kali ini cukup unik. Para santri menggunakan kostum yang menggambarkan perjuangan santri.

Lengkap dengan bambu runcing dan peralatan perang lainnya. Sejumlah foto para kiai yang terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, juga banyak dibawa dan diarak dengan ukuran yang sangat besar.

Ada juga grup dari salah satu pondok pesantren, yang menggunakan kostum ala Palestina, lengkap dengan syal dan bendera kecil palestina. Kostum ini bertujuan memberikan dukungan kepada warga palestina, yang hingga saat ini masih terus mendapatkan serangan dari Israel.

BACA JUGA: Timnas U-17 Indonesia vs Panama, Welber Jardim Bocorkan Strategi Bima Sakti

Ketua Panitia Hari Santri Nasional (HSN) PCNU Kabupaten Cirebon, Sangudi Muhammad mengatakan, bahwa awalnya terdapat cukup pesimis dengan jumlah pesantren yang akan terlibat dalam kirab ini. Karena menurut Sangudi, saat awal pembukaan pendaftaran, hanya terdaftar sebanyak 12 pondok pesantren yang berpartisipasi.

Namun dia bersyukur, karena antusiasme pondok pesantren di Kabupaten Cirebon untuk mengikuti kegiatan ini meningkat signifikan, hingga bisa melibatkan sekitat 50 pondok pesantren. ia sendiri mengira, ada seribu lebih santri yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Untuk kirab HSN tahun ini, ada sekitar serbiu lebih santri yang terlibat. Tahun depan semoga bisa bertambah," ujar Sangudi.

Sementera itu, Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyyah (RMI) PCNU Kabupaten Cirebon, Hasyim Asyari menuturkan, bahwa kegiatan kirab HSN ini, merupakan pertama kalinya diadakan di Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini untuk memberikan semarak hari santri dan juga memberikan informasi kepada masyarakat, terkait peran dari para santri dan kiai dalam perjuangan di Indonesia.

BACA JUGA: Disebut Ayat Seribu Dinar, Berikut Ini Ayat Pembuka Pintu Rezeki, Bonus untuk Umat Islam

Hasyim, yang juga penanggungjawab kegiatan parade HSN ini menambahkan, bahwa kirab yang diikuti oleh seribuan santri di Kabupaten Cirebon ini dilombakan. Pihaknya memberikan penilaian terhadap kelompok-kelompok yang terlibat dalam kirab ini. Beberapa penilaian yang dilakukan, seperti kostum, kekompakan dan juga kreatifitas selama perjalanan.

Kirab ini dilombakan dan dinilai oleh dewan juri untuk menentukan yang terbaik, kata Hasyim.

Hasyim berharap, adanya kirab ini, bisa memberikan semangat kepada para santri, untuk bisa meniru semangat para santri dan ulama yang ikut memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini.

“Semoga para santri bisa lebih semangat, terutama dalam menuntut ilmu, seperti yang dilakukan oleh para ulama-ulama kita,” tutupnya. (sama) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: