Program Pengendalian Mencatat 1.260 Kasus TBC di Kota Cirebon

Program Pengendalian Mencatat 1.260 Kasus TBC di Kota Cirebon

Ilustrasi TBC-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tuberkulosis (TBC) menjadi masalah kesehatan di dunia, termasuk Indonesia. Tantangan dalam program pengendalian TBC di Indonesia yaitu banyaknya kasus yang sudah terdeteksi namun belum terlaporkan ke sistem informasi TBC nasional.

Indonesia juga mengikuti target eliminasi global yaitu Eliminasi TBC pada tahun 2030 dan Indonesia bebas TBC pada tahun 2050.

Khusus di Kota Cirebon pada 2022 cakupan pengobatan semua kasus TBC dengan jumlah kasus sebanyak 1.260 atau 111,59 persen.

Ada pun angka keberhasilan pengobatan pasien TBC sensitif obat baru mencapai 53,43 persen dan untuk keberhasilan pengobatan pasien resisten obat baru mencapai 66 persen.

BACA JUGA:Pesona Mewah di Alam Terbuka, Menelusuri Keindahan & Keseruan di Glamping Lakeside Rancabali

BACA JUGA:Tempat Wisata di Cirebon untuk Keluarga yang Wajib Dikunjungi

Sekretaris Daerah Kota Cirebon Drs Agus Mulyadi MSi mengucapkan selamat kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon dan Tim Percepatan Penanggulangan TBC Kota Cirebon yang telah selesai berproses dalam pembuatan Surat Keputusan Wali Kota Cirebon tentang pembentukan tim percepatan penanggulangan Tuberkulosis.

Surat keputusan tersebut menjadi dasar dan pedoman bagi perangkat daerah dan aparatur pemerintah daerah hingga kelompok masyarakat di Kota Cirebon untuk penanggulangan TBC.

“Sehingga penanganan TBC menjadi terukur dan sistematis. Tantangan dalam program pengendalian TBC di Indonesia yaitu banyaknya kasus yang sudah terdeteksi namun belum terlaporkan ke sistem informasi TBC nasional," tutur Agus di salah satu hotel di Kota Cirebon, Rabu (15/11).

Terbitnya SK Wali Kota Cirebon tentang pembentukan tim percepatan penanggulangan Tuberkulosis, Agus berharap target eliminasi TBC 2030 dan Indonesia bebas TBC 2050 bisa tercapai. (ade)

BACA JUGA:7 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon yang Lagi Hits, Murah dan Seru 2023. Wajib Banget Dikunjungi

BACA JUGA:5 Rekomendasi Objek wisata di Cirebon Dekat Stasiun yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: